Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi di PT. Garam Menggunakan Framework COBIT 2019 Domain, Deliver, Services & Support

Authors

  • Adhitya Podo Nugroho Universitas Narotama
  • Awalludiyah Ambarwati Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v11i1.15782

Abstract

PT. GARAM adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang produksi  garam tertua di Indonesia sebagai agen pembangunan dan tetap konsisten menjaga terjaminnya ketersediaan garam nasional, serta senantiasa berupaya mewujudkan kedaulatan pangan di bidang garam. Untuk mendukung operasionalnya, PT. Garam menggunakan sistem Enterprise Resources Planning (ERP), sehingga memerlukan adanya tata kelola TI agar selaras dengan proses bisnis yang sesuai dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-02/MBU/02/2018 tentang Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara bahwa tata kelola TI merupakan hal penting untuk diterapkan dan dikelola secara maksimal oleh perusahaan untuk mencapai Good Information Technology Governance (GIG).  Pada praktiknya, framework yang digunakan dalam pengelolaan tata kelola teknologi informasi adalah framework COBIT versi 2019 yang diterbitkan oleh ISACA. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat level kapabilitas tata kelola TI dan gap yang terdapat dari hasil perhitungan pada Domain Deliver, Services, & Support (DSS) di PT. Garam. Setelah dievaluasi, terdapat beberapa gap dan nilai kapabilitas yang belum tercapai dan dilakukan perumusan rekomendasi untuk menjembatani gap tersebut sehingga dapat membantu meningkatkan level kapabilitas tata kelola TI tersebut.

Downloads

Published

2025-06-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi di PT. Garam Menggunakan Framework COBIT 2019 Domain, Deliver, Services & Support”, JTK3TI, vol. 11, no. 1, pp. 48–55, Jun. 2025, doi: 10.34010/jtk3ti.v11i1.15782.