Analisis Penerapan IT Governance Berbasis Cobit 5 Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung
DOI:
https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v11i1.15201Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi sebagai alat strategis, penting digunakan untuk memaksimalkan
potensi perusahaan dalam meningkatkan sumber daya dan sasaran strategi. Dalam lingkungan bisnis saat ini
dengan segala kompleksitasnya, sangat diperlukan respon cepat dan globalisasi disemua bidang agar biaya untuk
organisasi atau perusahaan dapat turun signifikan untuk tetap bisa bersaing memenuhi inisiatif dan tantangan
bisnis, dengan tetap memperhatikan bagaimana mengatasi risiko. Pelayanan publik sebagai sebuah proses bisnis
yang melibatkan warga negara memiliki kompleksitas yang tinggi sehingga kebutuhan pemanfaatan teknologi
informasi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakan. Penerapan tata kelola sistem dan teknologi informasi
dalam pelayanan publik menjadi sebuah konsep yang mutlak diimplementasikan untuk peningkatan produktivitas,
efektivitas, dan efiensi. Produktivitas, efektivitas pelayanan pelanggan mengacu pada tercapainya kepuasan
pelanggan. Acuan kepuasan pelanggan dalam konteks pelayanan publik nampak dari respon warga negara yang
cepat dalam kinerja yang dilakukan pemerintah saat dilakukan pelayanan. Fokus utama yang harus dicapai
pemerintah yaitu kemakmuran, profitability, dan good governance. Kendala dalam implementasi IT Governance
dalam pelayanan publik adalah pengaruh sosial, politik, dan ekonomi, serta konsep kolaborasi antar organisasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.