Penetapan Non Performing Financing Melalui Representasi Inflasi dan Total Asset pada Bank Umum Syariah di Indonesia

  • Wawat Setiawati Universitas Wanita Internasional
Keywords: Bank umum syariah, Inflasi, Total asset, Non Performing Financing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Non Performing Financing Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena kredit macet atau Non Performing Financing perbankan syariah di Indonesia mempunyai fluktuasi sangat tinggi.

Adapun beberapa faktor yang dianalisis dalam mempengaruhi Non Performing Financing adalah Inflasi dan total asset ,Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang merupakan metode pengambilan sampel berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: a). Bank Umum Syariah yang mempublikasikan laporan keuangan kuartalan selama periode 2011-2015. b). Bank Umum Syariah yang memiliki kelengkapan data berdasarkan variabel yang diteliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor inflasi dan total asset sama sama memberikan pengaruh signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Umum Syariah di Indonesia.

Secara parsial, faktor inflasi memberikan kontribusi terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Umum Syariah di Indonesia sebesar 17,4%. Secara parsial, total asset memberikan kontribusi terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Umum Syariah di Indonesia sebesar 14,2%. Secara simultan, faktor inflasi dan total asset memberikan kontribusi terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Umum Syariah di Indonesia sebesar 31,6%, sedangkan sisanya sebesar 68,4% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2011. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta : Gema Insani.

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Desi Marilin Swandayani. 2012. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Valas Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2005-2009. Jurnal Akuntansi. AKRUAL 3 (2) (2012): 147-166 e-ISSN: 2502-6380.

Eddi Satriyo Wibowo. 2013. Analisis Pengaruh Suku Bunga, Inflasi, Car, Bopo, Npf Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Journal Of Management. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013, Halaman 1-10 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom ISSN (Online): 2337-3792.

Edi Setiadi. 2014. www.ojk.co.id

Hendro, Tri dan Conny Tjandra Raharja. 2014. Bank & Institusi Keuangan Non Bank di Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

Karim, Adiwarman A. 2006. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Muliaman, 2016. www.ojk.co.id

Narimawati, Umi. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori Dan Aplikasi. Bandung:Agung Media

Suardani, Putri. 2009. Pengaruh Beberapa Variabel Ekonomi Makro Terhadap Kinerja Keuangan dan Return Saham Perusahaan Pada Industri Manufaktur di Pasar Modal Indonesia, (Online). Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualutatif R&D. Bandung:Alfabeta

Wardiah, Mia Lasmi. 2013. Dasar-dasar Perbankan. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Published
2018-07-18
Section
Articles