Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Total Aset dan Simpanan Khusus Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Kredit Buana Endah periode 2010 -2016.


 


Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan publikasi Koperasi Kredit Buana Endah serta sampel diambil selama 7 tahun periode 2010-2016.


 


Berdasarkan hasil penelitian bahwa Total Aset, Simpanan Khusus Anggota dan Sisa Hasil Usaha dapat digambarkan mengalami fluktuatif selama periode penelitian yaitu dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2016. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis, bahwa secara simultan Total Aset dan Simpanan Khusus Anggota berpengaruh signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha dengan hasil Koefisien Determinasi sebesar 96,8% serta sisanya sebesar 03,2% merupakan faktor yang yang turut mempengaruhi Sisa Hasil Usaha tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial, Total Aset dan Simpanan Khusus Anggota masing-masing berpengaruh signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha.


 


Kata kunci : Total Aset, Simpanan Khusus Anggota dan Sisa Hasil Usaha