Implementasi Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke di PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati Bandung dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Organisasi

  • Yosep Hernawan Universitas Komputer Indonesia

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lima variabel yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke sebagai variabel independent (X) dan efektivitas organisasi sebagai variabel dependent (Y). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan mengetahui sejauh mana faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi dengan variabel yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke di PT. Laksana Kurnia Mandiri Bandung.
Populasi dalam penelitian ini adalah para operator lantai produksi dan maintenance serta supervisor produksi dan supervisor maintenance. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel Slovin, didapatkan jumlah sampel sebanyak 150 dengan penambahan sampai 200. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur, Uji T dan Uji F dengan tingkat signifikan (α) 5% dan dengan bantuan penggunaan program IBM SPSS 20.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama periode penelitian, hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke belum diterapkan secara optimal walaupun berdasarkan hasil perhitungan statistik seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke mempunyai pengaruh terhadap efektivitas organisasi dengan nilai yang berbeda-beda.

Diterbitkan
2020-06-01