PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK SURVEI PADA SENTRA UMKM DI KABUPATEN BANDUNG

  • Fera Regi Ardiansyah Universitas Komputer Indonesia
  • Herman S Soegoto Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli. Saluran distribusi adalah sekumpulan organisasi atau institusi yang saling bergantung membantu membuat suatu produk atau jasa yang dijual kepada konsumen akhir melalui penjual atau perantara. Sedangkan volume penjualan jumlah yang dipandang dari hubungan biaya dalam perusahaan dapat memperkirakan target unit penjualan untuk memperoleh laba yang ditentukan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan promosi dan saluran distribusi secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada UMKM di kabupaten Bandung.
Metode penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku sekaligus pemilik UMKM di kabupaten Bandung dengan jumlah 100 responden. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dan menolak hipotesis nol (Ho). Beberapa kesimpulan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut : Berdasarkan pengujian persamaan regresi diperoleh Y = 17,049 + 0,511X1 + 0,356X2, persamaan regresi tersebut dapat diartikan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel tingkat promosi dan saluran distribusi akan meningkatkan variabel volume penjualan sebesar 0,511 satuan tingkat promosi dan 0,356 satuan saluran distribusi pada konstanta 17,049. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Fhitung sebesar 70,728 sedangkan Ftabel dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = dk = 100-2-1 = 97 dengan taraf kesalahan 5% harga F tabel ditemukan adalah 3,95 (interpolasi). Dengan demikian harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini telah berimplikasi pada tingkat peningkatan volume penjualan yang secara positif dipengaruhi oleh dua faktor determinan secara bersama-sama, yaitu promosi dan saluran distribusi dimana tingkat volume penjualan produk menjadi sasaran terwujudnya UMKM yang sehat.

Published
2019-06-01