PENGARUH KELOMPOK ACUAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS EXSPORT PADA PT. EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY DI BANDUNG

Rahma Wahdiniwaty, Utari Wijayanti

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya persaingan di bidang fashion yang
penjualannya mengikuti trend yang sedang berlangsung pada periode tertentu, sehingga naik
turunnya penjualan tidak dapat diprediksi secara tepat. Bisnis di bidang fashion semakin
berkembang, termasuk salah satunya tas. Saat ini tas tidak hanya digunakan sebagai nilai
fungsinya saja tetapi juga merupakan pelengkap fashion. Dengan hal ini PT. Eksonindo Multi
Product Industry harus bersaing dengan pesaingnya dengan merek tas lainnya seperti Alto,
Exsport, Elizabeth dan JanSport terutama dari segi kualitas dan harga. PT. Eksonindo Multi
Product Industry mengalami kenaikan volume penjualan yang masih dibawah target yang
diharapkan. Menurut survey dari segi kualitas, tas Exsport masih kurang memenuhi harapan
konsumen. Harga yang tertera pada katalog juga tidak sesuai dengan harga yang tertera pada
label. Sehingga kelompok acuan kurang berpengaruh dalam menyampaikan informasi terhadap
komunitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga
dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian tas Exsport.
Kuesioner disebarkan kepada 125 responden di 2 toko dan 3 stand Exsport yang ada di
Bandung. Metode analisis pada yang digunakan path analysis dengan menggunakan software
Lisrel Ver. 8.8. Pada pengolahan path analysis terdapat dua substruktural.
Dari hasil uji t, kualitas produk, dan kelompok acuan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Namun, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sehingga dalam
penelitian ini, keputusan pembelian tas Exsport tidak dipengaruhi oleh harga. Konsumen lebih
cenderung dipengaruhi oleh kualitas produk dan kelompok acuan dalam keputusan membeli tas
Exsport.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian


ABSTRACT
This research is motivated by the emergence of competition in the field of fashion sale
follow the ongoing trend in a particular period, so the ups and downs of sales can not be
predicted precisely. Business in the field of fashion is growing, including one bag. When the ba
is not only used as a value function, but also a complementary fashion. PT. Eksonindo Mult
Product Industry has to compete with other competitors with branded bags such as Alto
Exsport, Elizabeth and JanSport especially in terms of quality and price. PT . Eksonindo Mult
Product Industry sales volume increase is still below the expected target. According to th
survey in terms of quality, Exsport bag still does not meet consumer expectations. Prices shown
in the catalog are also not in accordance with the price listed on the label. So that the referenc
group is less influential in conveying information to the community. The purpose of this study
was to determine the effect of product quality, price and reference group on purchasing
decisions Exsport bag.

The questionnaire distributed to 125 respondents at 2 Exspor
stand in Bandung. The method of analysis used in the path analysis using Lisrel software Ver.
8.8. In processing, there are two substruktural path analysis.
From the results of the t test, the quality of the product, and reference group influence
on purchase decisions. However, the price does not affect the purchase decision. Thus, in this
study, Exsport bag purchasing decisions are not influenced by the price. Consumers are more
likely to be influenced by the quality of the product and the reference group in the decision to
buy a bag Exsport.
Key Words : Quality Product, Price, Reference Group, Purchasing Decisions


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.