STUDI KELAYAKAN DAN BUSINESS PLAN ALI BAKRI CAKE & DRINKS

  • Herman S Soegoto
  • Wandi Saputra Ali

Abstract

Kondisi persaingan bisnis sekarang ini semakin ketat. Berdasarkan kondisi tersebut, kita harus mampu berpikir kreatif, inovatif dan harus pandai dalam memanfaatkan peluang demi tercapainya tujuan perusahaan. Untuk Pemanfaatan peluang dalam pengembangan bisnis guna meningkatkan omzet, perusahaan perlu memilih dan menerapkan strategi bisnis yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan, serta melakukan analisis kelayakan bisnis dan perencanaan bisnis agar memperoleh hasil sesuai dengan harapan. Untuk menentukan layak atau tidak pengembangan tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek studi kelayakan. Setiap aspek akandianggap layak jika memiliki standar nilai tertentu. Aspek-aspek yang dinilai dalam studikelayakan bisnis meliputi aspek pasar, aspek teknik, aspek hukum, aspek manajemen dan aspekkeuangan. Selain itu untuk implementasi dapat diterapkan dengan pembuatan business plansebagai road map dalam menjalan bisnis. Berdasarkan hasil dari studi kelayakan dan businessplan pada Ali Bakri Cake & Drinks, dinilai layak dari semua aspek yang diuji. Dari segi aspekpasar telah ditetapkan strategi pemasaran, selain itu konsep serta layout sesuai dengan aspekteknik dan operasional toko. Selanjutnya dari aspek hukum, izin usaha lengkap seperti TDP,SIUP dan surat rekomendasi dari tetangga dan rt. Dari aspek manajemen penerapan fungsiorganisasi POAC dan dari aspek finansial NPV sebesar Rp. 159.264.682, PI bernilai 3,75 sertapayback periode selama 1 tahun 2 bulan 11 hari.Kata Kunci: Peluang Bisnis, Strategi Bisnis, Studi Kelayakan, Business Plan.ABSTRACTConditions of business competition nowadays is getting tight. Based on theseconditions, we should be able to think in a creative, innovative and must be clever in takingadvantage of opportunities to achieve the objectives of the company. To exploiting businessdevelopment opportunities in order to increase the turnover, company need to select andimplement the right business strategy in accordance with the conditions of the company, as wellas conducting feasibility analysis and business planning in order to obtain results inaccordance with expectations. To determine feasible or not such development can be viewedfrom various aspects of the feasibility study. Every aspect will be considered eligible if it has acertain value standards. Aspects that are assessed in the business feasibility study coveringmarket aspects, technical aspects, legal aspects, management aspects and financial aspects. Inaddition, to the implementation can be applied to the making of a business plan as a road mapin running the business. Based on the results of the feasibility study and business plan on AliBakri Cake & Drinks, judged worthy of all aspects tested. In terms of the market aspects hasestablished marketing strategy, in addition, to the concept and layout according to the aspect oftechnique and operational of the store. Furthermore, from the legal aspects, such as businesslicense complete TDP , SIUP and a letter of recommendation from a neighbor and rt. Frommanagement aspects the application of functions POAC and financial aspects of the NPV Rp.159.264.682, PI valued 3.75 and payback period for 1 year 2 months 11 days.Keywords: Business Opportunity, Business Strategy, Feasibility Study, Business Plan.
Published
2017-04-21
Section
Articles