PENGARUH KEPRIBADIAN DAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK NOVEL DI TOKO BUKU BANDUNG BOOK CENTER WILAYAH BANDUNG

  • Rahma Wahdiniwaty
  • Erna Susilawati

Abstract

Persaingan didunia bisnis pada era globalisasi yang begitu ketat mendorong para
marketer untuk terus berupaya mencari strategy untuk meningkatkan penjualannya. Salah satu
upaya yang dilakukan adalah dengan mempelajari perilaku konsumen yang erat kaitannya
dengan kepribadian konsumen dan keputusan pembelian konsumen yang tidak terencana serta
faktor-faktor yag mempengaruhinya diantaranya harga.
Penelitian ini dilakukan pada 161 pelanggan Bandung Book Center, wilayah Bandung
yang membeli novel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepribadian
extrovert, introvert dan harga terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif varifikatif, dimana olah datanya menggunakan
SEM (System Equation Model) dengan menggunalakn Lisrel 8.8.
Kepribadian konsmen pada pembelian produk novel di Bandung Book Center wilayah
Bandung paling banyak adalah pelanggan yang memiliki kepribadian ekstrovert sebanyak
(68,91%) yang tergolong dalam kategori extrovert. Konsumen menyatakan bahwa harga produk
novel novel di Bandung Book Center wilayah Bandung, cukup terjangkau dan harganya cukup
sesuai dengan presentase sebesar 53,12%.
Impulse Buying konsumen dalam pembelian produk novel di Bandung Book Center
wilayah Bandung menduduki kriteria cukup impulsif sebesar 62,79%. Tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara kepribadian introvert, extrovert terhadap harga produk novel di Toko
Buku Bandung Book Center. Sedangkan hubungan kerpribadian extrovert terhadap keribadian
introvert memiliki hubungan yang negatif sebesar -0.21, karena sejalan dengan karakteristik
keduanya yang saling bertolak belakang,dimana jika extrovert nilainya naik maka introvert akan
turun.
Kata Kunci:
ekstrovert, introvert, harga dan impulse buying


ABSTRACT
The Business competition in the era of globalization that increasingly tight, that
encouraged the marketer to constantly strive for seeking strategies to increase their sales. One
of their effort is studying consumer behavior that related to personality and cusomers decision
as well as impulse buying and its factors, one of them is price.
This research was conducted on 161 customers in Bandung Book Center, Bandung
region, who bought the novel. The purpose of this research was analyzed the influence of
extrovert - introvert personality and price on impulse buying. The Methods that used in this
research is descriptive analysis, while the data analysis using SEM (System Equation models)
by Lisrel 8.8.

he purchase of the novel in Bandung Book Center
is Extrovert about
68,91% that occupying extrovert criteria . Consumer states that novel price
in Bandung Book Center, Bandung region are quite affordable and the price is quite
appropriate with percentage about
53,12%.
The consumers impulse buying of novel in Bandung Book Center, Bandung region
occupying quite impulsive criteria about
62,79%. .There was no significant correlation between
the introvert and extrovert personality towards the price of novel in Bandung Book Center.
While the correlation between extrovert personality and introvert personality has a negative
correlation about
-0.21, it is as in line with the characteristics of them that contradictory,
whereas if the value of extrovert personality is increase, so the value of introvert personality
will decrease.
Key words: Ekstrovert, Introvert, price and impulse buying.

Published
2017-04-18
Section
Articles