PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS TOKO BAHAN BANGUNAN RETAILER CAT TEMBOK SLX DI WILAYAH BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.34010/jimm.v1i1.200Abstract
Dalam meningkatkan layanan kepada nasabah, BNI dengan kesadarannya membangun fasilitas E-Banking. Bagi perbankan, pengembangan E-Banking tidak hanya sekedar mengikutitrend kebutuhan nasabah yang makin mobile, tetapi mengejar tujuan lain yang juga strategis seperti menurunkan biaya dana (cost of fund), meningkat efisiensi dan memperoleh pendapat komisi (fee base income).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas
E-Banking yang terdiri dari memahami harapan nasabah dan kerjasama dengan nasabah PT.
BNI Cabang JPK Bandung serta untuk mengetahui kepuasan nasabah serta implikasinya
terhadap loyalitas nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori-teori E-Banking, memahami harapan
nasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Jenis penelitian
adalah deskriptif kuantitatif dan sifat dari penelitian adalah descriptive explanatory. Metode
pengumpulan data adalah daftar pertanyaan, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis
data yang digunakan Indeks Pengkategorian Variabel, Koefisien Determinasi (R2), Uji
Serempak (uji F) dan Uji Partial (uji t).
Populasi adalah nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung yang berjumlah 194.753 orang
nasabah, sampel diambil secara aksidental sampling yaitu seseorang diambil sebagai sampel
karena kebetulan berada di penelitian, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali
berdasarkan kemudahan saja.
Hasil penelitian yang didapat melalui perhitungan indek pengkategorian variable yaitu
memahami harapan nasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan dan loyalitas nasabah
berada pada interpretasi tinggi dimana PT. BNI Cabang JPK Bandung telah memahami harapan
nasabah, selalu bersikap ramah dalam keluhan dari nasabah, mempunyai kompetensi dan
informasi yang diberikan sehingga nasabah merasa puas, dan nasabah selalu menggunakan
produk yang ditawarkan oleh BNI yang merupakan loyalitas dari nasabah. Untuk uji serempak
pada hipotesis pertama bahwa X1 yaitu memahami harapan nasabah dan X 2 yaitu kerjasama
dengan nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji partial
pada hipotesis kedua kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap peningkatan loyalitas
nasabah pada PT. BNI Cabang JPK Bandung.
References
Aila, 2007. a Conceptual Framework for Customer Value Within a
Distribution System. Corp Plan.
Business Plan PT. FGH 2012,
Prepare to Next Leap
Cretu, A.E & R.J. Brodie, 2009. Brand Image, Corporate Reputation and
Customer ValuedalamGlynn, M.S & A.G. Woodside, 2009. Business-toBusiness Brand Management: Theory, Research and Executive
case Study Exercises.Advances in Business Marketing and Purchasing,
Vol. 15 : 263-387.
Foster, B., 2010.Keunggulan Bersaing
dalam Bisnis. Ritel. PT.Duta.
Bandung.
Harrison, K. (2009). Why a Good Corporate Reputation is Important to
your Organization (Electronic Version). Cutting Edge PR. [Online]
Available: http://www.cuttingedgepr.com/articles/corprep _important.asp (July 20,2009)
Hermawan, K. 2007. Bosting Loyalty
Marketing Performance. Markplus.
Inc. Jakarta.
Keh, H. T. & Xie, Y. (2009). Corporate reputation and customer behavioral intentions: The roles of trust,
identification and commitment.
Industrial Marketing Management,
, 732 742.
Kotler, P., 2007. Marketing Insights from A
to Z. 80 Konsep yang Harus
Dipahami oleh Setiap Manajer.
Erlangga, Jakarta.
Kotler,P., 2010. Kotler on
Marketing.Bagaimana Menciptakan,
Memerangi dan mendominasi Pasar.
Karisma Publishing Group,
Tangerang.
Kotler, P.,&Keller.,2009. Marketing
Management. 13th Editions. New
Jersey Prentice Hall.
Miremadi, A., N. Babakhani, M.Yousefian
& H.Fotoohi, 2011. Importance of
The Corporate Reputation in B2B
Context in Iran: an Empirical Study.
International Journal of Marketing
Studies. Vol 3 (4): 146- November
Riduwan & Engkos A. Kuncoro., 2008.
Cara Menggunakan dan Memakai
Analisis Jalur. Bandung : CV.
Alfabeta
Soegoto, E.S 2008, Marketing Research,
Penerbit PT. Elex Media
Komputindo : Jakarta.
Sucherly, 2007. Strategi Pemasaran Dalam
Meningkatkan Keunggulan Bersaing
Serta Implikasinya Pada Loyalitas
Pelanggan. Jurnal Trikonima FE
Unpas Volume 6 no 2 Desember
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Alfabeta Bandung.
Sumarwan, U. A.Fachrodji, A.Nursal,
A.Nugroho, E.R. Nurzal, I.A.
Setiadi, Suharyono & Z.Alamsyah,
Pemasaran Strategik,
Perspektif Value- Based Marketing
dan pengukuran Kinerja. IPB Press.
Bogor.
Susanto, AB 2009. Reputation-Driven
Corporate Social Responsibility.
Esensi Penerbit Erlangga
Tjiptono, F., G. Chandra & D.Adriana.,
Pemasaran strategik. Andi
Offset. Yogyakarta.
Wijanto, S.Hari, 2008. Structural Equation
Modeling dengan Lisrel 8.8. Konsep
dan Tutorial. Graha Ilmu.
Yogyakarta.
Zaman, K. Samina Bibi, Asma Arshad,
Aqeel Shahzad, 2012. Customer
Loyalty in FMCG Sector of
Pakistan. Riphah International
University, Islamabad, Pakistan.
Information Management and
Business Review. Vol 4 (1) : 41-48.
Januari 2012. ISSN 2220-3796.