PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS TOKO BAHAN BANGUNAN RETAILER CAT TEMBOK SLX DI WILAYAH BANDUNG

Herman S Soegoto, wildan syahreza barito

Abstract


Dalam meningkatkan layanan kepada nasabah, BNI dengan kesadarannya membangun fasilitas E-Banking. Bagi perbankan, pengembangan E-Banking tidak hanya sekedar mengikutitrend kebutuhan nasabah yang makin mobile, tetapi mengejar tujuan lain yang juga strategis seperti menurunkan biaya dana (cost of fund), meningkat efisiensi dan memperoleh pendapat komisi (fee base income).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas
E-Banking yang terdiri dari memahami harapan nasabah dan kerjasama dengan nasabah PT.
BNI Cabang JPK Bandung serta untuk mengetahui kepuasan nasabah serta implikasinya
terhadap loyalitas nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori-teori E-Banking, memahami harapan
nasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Jenis penelitian
adalah deskriptif kuantitatif dan sifat dari penelitian adalah descriptive explanatory. Metode
pengumpulan data adalah daftar pertanyaan, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis
data yang digunakan Indeks Pengkategorian Variabel, Koefisien Determinasi (R2), Uji
Serempak (uji F) dan Uji Partial (uji t).
Populasi adalah nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung yang berjumlah 194.753 orang
nasabah, sampel diambil secara aksidental sampling yaitu seseorang diambil sebagai sampel
karena kebetulan berada di penelitian, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali
berdasarkan kemudahan saja.
Hasil penelitian yang didapat melalui perhitungan indek pengkategorian variable yaitu
memahami harapan nasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan dan loyalitas nasabah
berada pada interpretasi tinggi dimana PT. BNI Cabang JPK Bandung telah memahami harapan
nasabah, selalu bersikap ramah dalam keluhan dari nasabah, mempunyai kompetensi dan
informasi yang diberikan sehingga nasabah merasa puas, dan nasabah selalu menggunakan
produk yang ditawarkan oleh BNI yang merupakan loyalitas dari nasabah. Untuk uji serempak
pada hipotesis pertama bahwa X1 yaitu memahami harapan nasabah dan X 2 yaitu kerjasama
dengan nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji partial
pada hipotesis kedua kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap peningkatan loyalitas
nasabah pada PT. BNI Cabang JPK Bandung.

Full Text:

PDF

References


Aila, 2007. a Conceptual Framework for Customer Value Within a

Distribution System. Corp Plan.

Business Plan PT. FGH 2012,

Prepare to Next Leap

Cretu, A.E & R.J. Brodie, 2009. Brand Image, Corporate Reputation and

Customer ValuedalamGlynn, M.S & A.G. Woodside, 2009. Business-toBusiness Brand Management: Theory, Research and Executive

case Study Exercises.Advances in Business Marketing and Purchasing,

Vol. 15 : 263-387.

Foster, B., 2010.Keunggulan Bersaing

dalam Bisnis. Ritel. PT.Duta.

Bandung.

Harrison, K. (2009). Why a Good Corporate Reputation is Important to

your Organization (Electronic Version). Cutting Edge PR. [Online]

Available: http://www.cuttingedgepr.com/articles/corprep _important.asp (July 20,2009)

Hermawan, K. 2007. Bosting Loyalty

Marketing Performance. Markplus.

Inc. Jakarta.

Keh, H. T. & Xie, Y. (2009). Corporate reputation and customer behavioral intentions: The roles of trust,

identification and commitment.

Industrial Marketing Management,

, 732 742.

Kotler, P., 2007. Marketing Insights from A

to Z. 80 Konsep yang Harus

Dipahami oleh Setiap Manajer.

Erlangga, Jakarta.

Kotler,P., 2010. Kotler on

Marketing.Bagaimana Menciptakan,

Memerangi dan mendominasi Pasar.

Karisma Publishing Group,

Tangerang.

Kotler, P.,&Keller.,2009. Marketing

Management. 13th Editions. New

Jersey Prentice Hall.

Miremadi, A., N. Babakhani, M.Yousefian

& H.Fotoohi, 2011. Importance of

The Corporate Reputation in B2B

Context in Iran: an Empirical Study.

International Journal of Marketing

Studies. Vol 3 (4): 146- November

Riduwan & Engkos A. Kuncoro., 2008.

Cara Menggunakan dan Memakai

Analisis Jalur. Bandung : CV.

Alfabeta

Soegoto, E.S 2008, Marketing Research,

Penerbit PT. Elex Media

Komputindo : Jakarta.

Sucherly, 2007. Strategi Pemasaran Dalam

Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Serta Implikasinya Pada Loyalitas

Pelanggan. Jurnal Trikonima FE

Unpas Volume 6 no 2 Desember

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Alfabeta Bandung.

Sumarwan, U. A.Fachrodji, A.Nursal,

A.Nugroho, E.R. Nurzal, I.A.

Setiadi, Suharyono & Z.Alamsyah,

Pemasaran Strategik,

Perspektif Value- Based Marketing

dan pengukuran Kinerja. IPB Press.

Bogor.

Susanto, AB 2009. Reputation-Driven

Corporate Social Responsibility.

Esensi Penerbit Erlangga

Tjiptono, F., G. Chandra & D.Adriana.,

Pemasaran strategik. Andi

Offset. Yogyakarta.

Wijanto, S.Hari, 2008. Structural Equation

Modeling dengan Lisrel 8.8. Konsep

dan Tutorial. Graha Ilmu.

Yogyakarta.

Zaman, K. Samina Bibi, Asma Arshad,

Aqeel Shahzad, 2012. Customer

Loyalty in FMCG Sector of

Pakistan. Riphah International

University, Islamabad, Pakistan.

Information Management and

Business Review. Vol 4 (1) : 41-48.

Januari 2012. ISSN 2220-3796.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.