PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEMUDAHAN BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS WIRAUSAHA GENERASI Y DAN Z DI KOTA BANDUNG)

  • Friska Adesty Febrin Universitas Komputer Indonesia
  • Deden Abdul Wahab Sya'roni Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan teknologi informasi, kemudahan berwirausaha, motivasi, dan keberhasilan usaha. Selain itu mengetahui seberapa besar pengaruh perkembangan teknologi informasi dan kemudahan berwirausaha terhadap motivasi serta pengaruh motivasi terhadap keberhasilan berwirausaha pada pengusaha generasi Y dan Z di kota Bandung menjadi salah satu tujuan dari penelitian ini. Dalam penelitian ini memiliki variable eksogen yaitu perkembangan teknologi dan kemudahan berwirausaha, variabel intervening adalah motivasi, dan sementara untuk keberhasilan usaha yaitu variabel endogen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Pengusaha generasi Y dan Z di kota Bandung dalam penelitian ini berjumlah 6.141 orang. Penelitian ini menggunakan penentuan sampel yaitu dengan teknik probability sampling yang menggunakan teknik simple random sampling yang menggunakan rumus slovin, maka dari itu jumlah total sampel di dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Untuk metode dari analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan mengunakan teknik PLS yang dikerjakan menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perkembangan teknologi informasi dan kemudahan berwirausaha berpengaruh terhadap motivasi. Begitupun motivasi, memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha. Besarnya pengaruh perkembangan teknologi dan kemudahan berwirausaha terhadap motivasi sebesar 43,7%, sedangkan besarnya pengaruh motivasi terhadap keberhasilan usaha sebesar 64,5%.

Published
2023-12-06