PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , KUALITAS PRODUK APLIKASI MOBILE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL KARTU INDONESIA SEHAT (JKN KIS) ( Suatu Survey Pada Peserta JKN KIS di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bandung )

  • Alam Gumilang Ramadhan Universitas Komputer Indonesia
  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Indonesia memiliki jaminan sosial tercantum pada UUD 1945 pasal 28 H ayat 1 yang menyebutkan pada intinya bahwa warga negara Indonesia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Kemudian terbitlah UU No 24 tahun 2011 yang melahirkan BPJS Kesehatan yang mana merupakan lembaga yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional  – Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) bagi rakyat Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya realisasi yang belum sesuai dengan target kepuasan peserta. Metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Partial Least Square melalui program SmartPLS 2.0, yang dipakai oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan hasil uji t statistic variabel kualitas pelayanan, kualitas produk aplikasi mobile dan harga berpengaruh terhadap kepuasan peserta JKN KIS.

Published
2023-12-06