ANALISIS MODAL KERJA DENGAN MENGGUNAKAN RASIO AKTIVITAS PADA PT. SEMEN TIGA RODA PERSERO TBK PERIODE 2002-2013 (Studi Kasus pada Bursa Efek Indonesia Cabang Bandung)

Dede Herlina

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan modal kerja, modal kerja dengan menggunakan rasio return on working capital, dan menganalisis modal kerja dengan menggunakan return on working capital pada PT. Semen Tiga Roda Persero Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Artinya penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menekan analisisnya pada data. Dengan menggunakan metode penelitian akan diketahui gambaran mengenai modal kerja PT. Semen Tiga Roda Persero Tbk (Persero) Tbk.
Hasil penelitian ini yaitu perkembangan modal kerja selama tahun 2010 sampai tahun 2012 mengalami penurunan diakibatkan karena PT. Semen Tiga Roda Persero Tbk mengalami kegagalan mendapatkan tambahan modal kerja. Perkembangan return on working capital pada tahun 2005 sampai tahun 2012 mengalami peningkatan tetapi karena dalam sebelas tahun mengalami lima kali penurunan dapat dikatakan perusahan belum efisien dan perusahaan belum optimal dalam penggunaan modal kerja tersebut. Dari analisis modal kerja dengan menggunakan rasio aktivitas cenderung mengalami penurunan dan berdampak pada efisiensi modal kerja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.