Abstract

Metode yang diterapkan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yakni melalui pelaksanaan dokumentasi dan wawancara. Maka dari itu, peneliti harus menyelesaikan review dengan tekad untuk menemukan strategi manajemen yang digunakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa tidak hanya secara akademik akan tetapi non-akademik pula. Penelitian ini memiliki tujuan guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen. Wawancara dan observasi merupakan instrumen yang diterapkan pada jenis penelitian kualitatif deskriptif ini. Data penelitian bersumber dari Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen. Dengan demikian, titik fokus penelitian ini yaitu pada faktor-faktor yang meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.