Abstract

Terdapat fenomena yang terjadi di Kantor Akuntan Kota Bandung dimana kualitas audit yang dihasilkan bermasalah dalam pelaksanaan tugasnya mengenai penerapan sistem pengendalian mutu dan sikap profesionalisme auditor sehingga terjadi penundaan izin untuk auditor. TujuanĀ 


penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan memahami bukti determinasi sistem pengendalian mutu dan sikap profesionalisme auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis verifikatif, sampel yang digunakan adalah auditor senior, supervisor dan partner dari 19 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebanyak 47 responden dan alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, Koefisien korelasi, dan Uji t.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Mutu, Sikap Profesionalisme Auditor dan Kualitas Audit memiliki kriteria cukup baik.