Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja (Studi pada Guru Sekolah Dasar Negeri di Jawa Barat)
DOI:
https://doi.org/10.34010/7pppqw23Keywords:
Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Performance, Teachers, Public SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Jawa Barat, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara mendalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 48 orang, dengan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Demikian pula, Kecerdasan Spiritual juga tidak berpengaruh secara signifikan secara parsial. Hal ini bisa terjadi karena kinerja guru lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain seperti beban kerja, dukungan dari pimpinan sekolah, lingkungan kerja, fasilitas mengajar, serta sistem penilaian kinerja yang berlaku. Jika faktor-faktor eksternal ini tidak mendukung, maka kecerdasan individu saja tidak cukup untuk meningkatkan kinerja secara nyata. Namun, ketika diuji secara simultan, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun masing-masing kecerdasan tidak berpengaruh secara sendiri-sendiri, pengaruh gabungan keduanya memiliki peran penting dalam membentuk efektivitas kinerja guru.