Pengaruh Nilai-Nilai Kewirausahaan terhadap Keberlanjutan Usaha Melalui Kemandirian Usaha pada Pelaku Usaha Mie Ramen di Kota Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.34010/a3pqzn56Keywords:
Nilai-nilai kewirausahaan, kemandirian usaha, keberlanjutan usaha, pelaku usaha mie ramen, bisnisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Nilai-Nilai Kewirausahaan dan Kemandirian Usaha terhadap Keberlanjutan Usaha pada pelaku usaha mie ramen di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan teknik analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha mie ramen di Kota Cimahi yang berjumlah 34 unit usaha, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-Nilai Kewirausahaan dan Kemandirian Usaha secara simultan berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha. Secara parsial, Nilai-Nilai Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Kemandirian Usaha, dan Kemandirian Usaha berpengaruh positif terhadap Keberlanjutan Usaha. Namun, pengaruh langsung Nilai-Nilai Kewirausahaan terhadap Keberlanjutan Usaha tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa Kemandirian Usaha memiliki peran mediasi dalam hubungan antara Nilai-Nilai Kewirausahaan dan Keberlanjutan Usaha. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penguatan kemandirian usaha menjadi kunci dalam menciptakan keberlanjutan usaha meskipun nilai-nilai kewirausahaan telah dimiliki pelaku usaha