Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Transmart Carrefour Bandung

Authors

  • Tatang Supriyadi Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/h025tv25

Keywords:

Influence Mix Promotion Consumer Purchasing Decissions

Abstract

Transmart Carrefour  menerapkan strategi pemasarannya melalui bauran promosi (promotion mix) yang bertujuan untuk menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan pelanggan, dan untuk meningkatkan ekuitas merek sehingga tercipta keunggulan bersaing untuk membangun loyalitas pelanggan Transmart Carrefour.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pelaksanaan bauran promosi pada Transmart Carrefour Bandung. (2) mengetahui besarnya pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Transmart Carrefour Bandung. (3) Mengetahui variabel dalam bauran promosi  yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Transmart Carrefour Bandung. Untuk menjawab tujuan penelitian ini digunakan penelitian verifikatif. Sedangkan  metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Variabel yang diteliti dari bauran promosi yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan  (sales promotion), hubungan masyarakat  (public relation), dan penjualan secara pribadi (personal selling). Sampel penelitian sebanyak 94 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat unsur bauran promosi yang dilaksanakan oleh Transmart Carrefour Bandung mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan rincian sebagai berikut : advertising (29,44%), sales promotion (20,54%), publicity (13,21%), dan personal selling (6,85%). Adapun sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu sebesar  (29,8%). Variabel advertising merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Transmart Carrefour Bandung sebesar 29,44%.

Downloads

Published

2025-06-30