Analisis Pelanggaran Etika Bisnis Dalam Memasarkan Produk Secara Digital

Authors

  • Dela Nur Anisa Universitas Komputer Indonesia
  • Intan Puspita Sari Universitas Komputer Indonesia
  • Feby Widya Natalia Pasaribu Universitas Komputer Indonesia
  • Riri Tresna Amelia Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/etsyvg63

Keywords:

pelanggaran, etika bisnis, memasarkan, produk, digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran etika bisnis dalam memasarkan produk dan sebagai acuan dalam etika berbisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah narrative literature review dengan mengambil beberapa sumber yang dirujuk terkait dengan kasus pelanggaran etika bisnis yang dilakukan oleh PT Holywings dalam memasarkan produk. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran etika yang dilakukan oleh PT Holywings adalah telah menyinggung SARA perihal penistaan agama. Selain itu, akibat yang timbul dari permasalahan pelanggaran tersebut juga akan memunculkan dampak negatif bagi perusahaan maupun masyarakat, diantaranya adalah merugikan individu atau kelompok tertentu karena telah mengaitkan nama yang suci dengan produk minuman yang jelas dilarang dalam agama. Agar kejadian tersebut tidak dicontoh oleh pihak lain dan agar tidak terulang lagi, maka PT Holywings telah dijatuhi hukuman, baik secara sanksi administrasi maupun sanksi hukum dengan tiga pasal yang sesuai dengan pelanggaran kasus tersebut, supaya mendapat efek jera. Dan karena PT Holywings telah melibatkan dua nama besar dalam agama, terkhususnya agama Islam, maka apabila dilihat dari hukum Islam, kasus tersebut bisa dijatuhi hukuman sesuai dengan aturan syariah yang telah ditentukan. Sebab kasus tersebut telah menimbulkan polarisasi dan ketegangan sosial di antara masyarakat akibat dari kesalahan fatal tersebut.

Downloads

Published

2025-06-30