Pengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Bisnis melalui Kinerja Inovasi pada Distribution Outlet di Kota Bandung

Authors

  • Hasan Hariri Universitas Komputer Indonesia
  • Muhammad Iffan Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/jemba.v4i2.14665

Keywords:

Manajemen Pengetahuan, Kinerja Inovasi, Kinerja Bisnis, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kinerja usaha melalui kinerja inovasi pada distribution outlet di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang termasuk ke dalam non probability sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Analisis SEM-PLS digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel dalam penelitian ini. Responden pada penelitian ini adalah pelaku usaha distribution outlet di Kawasan Citarum di Kota Bandung dengan jumlah 50 pelaku usaha. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis. Selain itu, manajemen pengetahuan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja inovasi. Kemudian, kinerja inovasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis. Secara tidak langsung, manajemen pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis melalui kinerja inovasi pada distribution outlet di Kota Bandung.

Downloads

Published

2024-12-31