Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kesesuaian diri, citra merek, dan keterikatan emosional terhadap loyalitas pelanggan pada produk Make Over di Yogya Grand Subang. Metode yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan data primer berupa kuesioner (Google Form) dan data sekunder dari literatur ilmiah seperti jurnal akademik, buku digital, dan dokumen dari Yogya Grand Subang. Sebanyak 100 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dan hipotesis diuji menggunakan uji-t dan uji-f. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dan secara parsial, kesesuaian diri, citra merek, dan keterikatan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesesuaian diri berkontribusi pada loyalitas pelanggan karena pelanggan merasa produk Make Over mencerminkan identitas pribadi mereka. Citra merek yang positif membuat pelanggan merasa bangga menggunakan produk Make Over, sehingga mereka cenderung tetap setia. Keterikatan emosional yang kuat mengakibatkan pelanggan memiliki ikatan yang lebih dalam dengan merek, yang meningkatkan kemungkinan mereka untuk terus membeli dan merekomendasikan produk Make Over kepada orang lain. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Make Over harus fokus pada strategi pemasaran yang meningkatkan kesesuaian diri, citra merek, dan keterikatan emosional untuk memperkuat loyalitas pelanggan secara keseluruhan.

Kata kunci: Kesesuaian Diri, Citra Merek, Keterikatan Emosional, Loyalitas Pelanggan, Strategi Pemasaran

Abstract
This research aims to analyze the influence of self-congruity, brand image, and emotional attachment on customer loyalty to Make Over products at Yogya Grand Subang. The data utilized in this study consists of primary data in the form of a questionnaire (Google Form) and secondary data obtained from various academic literature such as academic journals, digital books, and various documents from Yogya Grand Subang. Multiple Linear Regression is employed to analyze the respondents' answers with a total of 100 respondents, and hypotheses are tested using t-tests and F-tests. The research results indicate that both simultaneously and partially, self-congruity, brand image, and emotional attachment significantly and positively influence customer loyalty. An increase in each of these variables will enhance customer loyalty. Specifically, self-congruity contributes to customer loyalty as customers feel that Make Over products reflect their personal identity. A positive brand image makes customers feel proud to use Make Over products, leading to increased loyalty. Strong emotional attachment results in deeper bonds between customers and the brand, increasing the likelihood of continued purchases and recommendations of Make Over products to others. The implications of this study suggest that Make Over management should focus on marketing strategies that enhance self-congruity, brand image, and emotional attachment to strengthen overall customer loyalty.


Keywords: Self-Congruity, Brand Image, Emotional Attachment, Customer Loyalty, Marketing Strategy