Abstract

Meningkatkan penjualan produk merupakan salah satu cara UMKM menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Tujuan dari penelitian di kafe Arakel ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan dapat meningkatkan omset penjualan dan teknik pemasaran apa yang digunakan untuk melakukannya. selain itu untuk mempelajari bagaimana kafe Arakel dapat pulih dari kemundurannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan strategi kualitatif. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara yang relevan dengan strategi pemasaran, data dikumpulkan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kafe Arakel menghadapi sejumlah masalah, termasuk pelanggan yang sporadis, keharusan merelokasi dan memulai kembali, penjualan yang tidak konsisten, dan biaya produksi yang tidak menentu. Rencana pemasaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi hal ini, memastikan aliran pengunjung yang stabil dan peningkatan omset penjualan. Strategi pemasaran kafe Arakel melibatkan penerapan rencana bauran pemasaran sebagai hasil penelitian dan inspeksi di tempat.