Abstract

Studi kelayakan bisnis menjadi kunci penting dalam mengevaluasi potensi keberhasilan dan tantangan yang dihadapi oleh Laulina Beauty Corner, sebuah salon kecantikan yang telah berkembang eksis selama tiga tahun. Penelitian ini menyelidiki aspek kelayakan bisnis dari segi keuangan, pasar dan pemasaran, sumber daya manusia, hukum, dan lingkungan. Laulina Beauty Corner memainkan peran krusial dalam mendukung perekonomian Indonesia, khususnya pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kecantikan.


Dengan metode penelitian lapangan, data primer dan sekunder dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung dengan pemilik Laulina Beauty Corner, Jessica Tarigan. Analisis kualitatif digunakan untuk mengevaluasi kelayakan perusahaan. Laulina Beauty Corner berhasil memenuhi sejumlah kriteria dalam semua aspek yang diteliti, menunjukkan kesesuaian bisnis ini untuk beroperasi dan tumbuh dalam industri kecantikan. Analisis studi kelayakan bisnis ini diharapkan dapat memberikan pandangan mendalam dan menjadi dasar untuk keputusan strategis demi pertumbuhan yang berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang.