PENERAPAN DATA MINING PADA DATA TRANSAKSI DISTRIBUSI UNTUK MENGANALISA PENEMPATAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus PT.Duta Bandung)

  • Rikky Wisnu Nugraha Program Studi Teknik Informatika STMIK & Politeknik LPKIA
  • Rehan Hadiansah Program Studi Teknik Informatika STMIK & Politeknik LPKIA

Abstract

Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini menuntut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Untuk mecapai hal itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualiatas produk, penambahan jenis produk, dan pengurangan biaya operasial perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya dengan melakukan analisis data perusahaan
Bagian Logistik Pusat Pada PT.Duta Merupakan bagian Yang menangani Penyimpanan buku dan permintaan buku / mutasi buku ke cabang, Bagian Logistik memiliki 2 Gudang yaitu Gudang Barat dan Gudang timur yang masing-masing memiliki kurang lebih 700 Rak untuk tempat penyimpanan Buku .Masalah yang terjadi di gudang Logistik pusat adalah kurang sesuai nya penempatan buku sehingga membuat helper cukup kesulitan dan memakan waktu untuk mencari buku yang diminta oleh cabang yang akan di packing dan dikirim ke cabang., Dari data Permintaan Buku pada PT. Duta selama ini tidak tersusun dengan baik, sehingga data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip bagi Perusahaan dan tidak dapat dimanfaatkan untuk pengembangan strategi pendistribusian yang akan berhubungan dengan penjualan di cabang.

Published
2017-03-01
How to Cite
[1]
R. Nugraha and R. Hadiansah, “PENERAPAN DATA MINING PADA DATA TRANSAKSI DISTRIBUSI UNTUK MENGANALISA PENEMPATAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus PT.Duta Bandung)”, JATI, vol. 7, no. 1, pp. 29-36, Mar. 2017.