"SCOUT LEARNING" SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS MULTIMEDIA

  • Asnandar Arianto Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
  • Wahyuni Wahyuni Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Scout Learning, Mobile, Multimedia

Abstract

Ilmu Dasar Kepramukaan (Scout Learning) pada anak-anak sekolah dasar dirasakan masih kurang, hal ini dikarenakan metode pengajaran yang kurang menarik dan cenderung monoton. Sedangkan pembimbing atau pembina hanya ada pada saat kegiatan kepramukaan saja, sehingga anak-anak merasa kesulitan jika ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai ilmu pramuka. Sehingga membutuhkan suatu metode baru yang bersifat multimedia, sehingga dapat menarik minat anak-anak untuk bisa mempelajari ilmu pramuka lebih giat lagi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model deskriptif yang dibantu dengan metode pengembangan prototype. Hal ini dirasakan tepat untuk memperhatikan kebutuhan dari pemakai dan mengacu kepada kepuasan dari pemakai itu sendiri.
Dengan adanya aplikasi mobile ini diharapkan dapat memicu rasa ingin tahu anak-anak dalam mempelajari ilmu kepramukaan dan juga dapat membantu pembina dalam memberikan materi yang sesuai dengan tingkat kepamukaan anak-anak sekolah dasar.

Published
2017-03-01
How to Cite
[1]
A. Arianto and W. Wahyuni, “"SCOUT LEARNING" SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS MULTIMEDIA”, JATI, vol. 7, no. 1, pp. 21-28, Mar. 2017.