Perancangan Modul Bahasa Indonesia untuk Microsoft FAST ESP Search Engine

  • Alfian Akbar Gozali Universitas Telkom

Abstract

Fungsi utama dari search engine atau mesin pencari adalah mempermudah dan mempercepat pencarian. Latar belakang dibuatnya mesin pencari ini adalah banyaknya jumlah dokumen di internet yang mempersulit proses pencarian user.Selain digunakan di internet, mesin pencari juga banyak diterapkan pada perusahaan.Mesin pencari untuk perusahaan sudah ada banyak, salah satunya adalah FAST ESP Search Engine.FAST ESP adalah sebuah software terintegrasi yang menyediakan sebuah platform untuk layanan pencarian dan filtering. Sistem ini dibuat terdistribusi sehingga dapat menyediakan temu balik informasi dari beberapa jenis informasi (dan dataset).FAST ESP secara otomatis mengenali 81 jenis bahasa termasuk Indonesia namun jika ingin mengaplikasikan FAST ESP untuk dokumen berbahasa Indonesia, penambahan modul custom harus dilakukan.
Proses perancangan modul bahasa Indonesia untuk FAST ESP adalah analisis proses Microsoft FAST ESP, analisis strategi awal perancangan modul bahasa Indonesia, perancangan model linguistik bahasa Indonesia, dan studi prioritas proses pada model lingustik bahasa Indonesia. Pada akhirnya environment dan proses dalam FAST ESP sangat menentukan posisi dari modul bahasa Indonesia yang akan dimasukkan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa tahap pipeline adalah satu-satunya tahap yang dapat digunakan. Proses penyisipan modul bahasa Indonesia adalah dengan mengganti atau menambahkan stage pada pipeline. Stage yang akan disisipi atau bahkan diubah dapat dibagi berdasarkan kebergantungannya kepada bahasa.

Published
2015-09-01
How to Cite
[1]
A. Gozali, “Perancangan Modul Bahasa Indonesia untuk Microsoft FAST ESP Search Engine”, JATI, vol. 5, no. 2, pp. 1-16, Sep. 2015.