RANCANGAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Erna Susilawati Prodi Sistem Informasi, UNIKOM

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang seharusnya dikuasai oleh setiap orang untuk memudahkan berkomunikasi dengan negara lain. Pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan sejak dini sangat bagus untuk pengembangan skill siswa/siswi dalam berbahasa inggris. Namun hal tersebut kadang terbentur dengan masalah kerumitan grammar dalam belajar Bahasa inggris dimana bagi sebagian orang hal tersebut merupakan hal yang rumit dan membuat mereka kesulitan dalam memahami Bahasa inggris. Faktanya banyak siswa/i yang kemampuan berbahasa inggrisnya tidak berkembang sama sekali baik itu dari segi writing,reading, listening ataupun speaking. Berangkat dari masalah tersebut maka diperlukan suatu terobosan baru agar proses belajar mengajar berubah jadi menyenangkan sehingga siswa/siswi tertarik untuk mempelajari bahasa inggris. Untuk mewujudkan hal itu tentu diperlukan suatu tools yang dapat mengemas pelajaran Bahasa Inggris agar lebih menarik salah satunya yaitu dengan menggunakan suatu aplikasi multimeunakan menggunakan metode objek.dia interaktif untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar melalui adobe flash. Dengan adobe flash ini pembelajaran Bahasa inggris dapat dilakukan melalui media audio,video, gambar dan memahami kosakata dalam Bahasa inggris dengan menggabungkan tulisan dengan gambar. Metode pendekatan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan berorientasi objek dengan alat bantu pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Games,kuis dan materi yang dibuat akan disesuaikan dengan kelas mereka masing-masing sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dengan adanya metode pembelajaran melalui multimedia interaktif adobe flash ini diharapkan kemampuan Bahasa inggris siswa/i dapat meningkat dengan Fun English.
Kata kunci: Reading, Listening, Writing, Adobe Flash Player CS6, Bahasa Inggris

References

Harmanto, Bambang.(2011) Menejemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar/Madarsah Ibtidaiyah Kategori Unggul (Analysis Best Practice Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak)

Hidayatullah, Priyanto, dkk. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika.

Hofstetter, Fred T.2001. Multimedia Literacy.Third Edition.McGraw-Hill. International Edition: New York

Madcoms, Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6, Andi Publisher, Jakarta, 2011

Madcoms, Adobe Flash Professional CS6 untuk Pemula, Andi Publisher, 2012.

Oliva, Peter F.( 1991), Developing the Curriculum, third edition. New York. Harper Collins Publishers

Roblyer, M & Doering, A.H. 2010. Integrating Educational Technology Into Teaching. Boston: Pearson.

R.Hardjono,Everyday English Phrases Ungkapan Bahasa Inggris Sehari Hari, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Sujana, I Made & Narasintawati, Luh Sri. 2006. Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar: Mau Ke Mana?, Jurnal Dinamika Pendidikan Kota Mataram. Edisi Mei 2006

Sudjana. N, 1991. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Bandung: Sinar Baru.

www.sekolahdasar.net/ diakses pada tanggal 17 Oktober 2017 jam 20.15

www.kurikulumnasional.net/ diakses pada tanggal 17 Oktober 2017 jam 20.32

www.kurikulum2013.id/2016/03/contoh-file-dokumen-buku-1-kurikulum.html 1 8Oktober 2017 jam 06.18

Published
2017-09-01
How to Cite
[1]
E. Susilawati, “RANCANGAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR”, JATI, vol. 7, no. 2, pp. 45-56, Sep. 2017.