IMPLEMENTASI QRCODE SEBAGAI TIKET MASUK EVENT DENGAN MEMPERHITUNGKAN TINGKAT KOREKSI KESALAHAN

  • Edwin Fajar Nurdiansyah Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia
  • Irawan Afrianto Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Tiket merupakan suatu dokumen yang sangat penting dalam suatu acara (event) karena tiket menentukan apakah seseorang memiliki akses untuk memasuki acara tersebut atau tidak. Untuk melakukan verifikasi tiket, petugas yang berjaga di pintu masuk harus memastikan bahwa setiap orang yang masuk dapat menunjukan tiket. Kesederhanaan sistem verifikasi tiket ini, banyak disalahgunakan untuk mendapatkan akses masuk ke dalam acara secara cuma-cuma. Tidak adanya proses identifikasi dan validasi tiket dengan data yang dimiliki oleh penyelengara acara membuat kecurangan tetap saja terjadi.
Dari permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian untuk memanfaatkan QR code sebagai tiket masuk event dengan memperhitungkan tingkat koreksi kesalahan. Penelitian ini mencoba memperbaharui sistem verifikasi tiket dengan sistem komputerisasi dengan mengganti bentuk fisik tiket menjadi QR code. Telah dilakukan pengujian alpha dan pengujian kemampuan pembacaan QR code untuk mengetahui apakah tingkat koreksi kesalahan mempengaruhi kemampuan pembacaan QR code.
Hasil dari pengujian alpha menunjukan bahwa sistem verifikasi tiket yang dibangun bebas dari kesalahan sintaks dan berjalan sesuai dengan fungsinya. Hasil dari pengujian kemampuan pembacaan QR code menyatakan bahwa tingkat koreksi kesalahan mempengaruhi kemampuan pembacaan QR code untuk QR code yang mengalami kerusakan atau bentuknya tidak utuh. Semakin tinggi tingkat koreksi kesalahan, semakin baik kemampuan pembacaan QR code.
Kata Kunci : Tiket, e-Ticketing, Sistem Verifikasi Tiket, QR code, QR scanner, Koreksi Kesalahan, Reed-Solomon.

References

Sankara, A. 2012. QR Codes and Security Solutions. International Journal of Computer Science and Telecommunications, Vol. 3, Issue 7.

Septirasyahyani dan Usman, Koredianto. 2012. Desain dan Implementasi Qr Code Berbasiskan Pengolahan Citra Digital untuk Sistem Parkir di IT Telkom. Jurnal Informatika. Retrived from: http://kru.blog.ittelkom.ac.id/blog/files/downloads/2012/12/JURNAL_SEPTI_KRU_LDN_U_SNAKOM2012.pdf

Zhang, Mu dan Yao, Dan. 2012. The Application and Design of QR Code in Scenic Spot’s eTicketing System. International Journal of Science and Technology, vol. 2, ISSN 2224-3577.

Swetake. “How to create QRcode†(online). http://www.swetake.com/qrcode/qr1_en.html (30 Apr 2014)

Thonky. “Error Correction Coding†(online). http://www.thonky.com/qr-code-tutorial/error-correction-coding (4 Jun 2014)

Published
2017-09-01
How to Cite
[1]
E. Nurdiansyah and I. Afrianto, “IMPLEMENTASI QRCODE SEBAGAI TIKET MASUK EVENT DENGAN MEMPERHITUNGKAN TINGKAT KOREKSI KESALAHAN”, JATI, vol. 7, no. 2, pp. 25-44, Sep. 2017.