PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PADA PROGRAM STUDI PGPAUD UPI KAMPUS TASIKMALAYA

  • Nizar Rabbi Radliya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia
  • Imam Maulana Alfaridzi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Saat ini program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dihadapkan pada kegiatan akademik berupa penyelesaian tugas akhir. Program studi PGPAUD berencana untuk memanfaatkan fasilitas TIK untuk kegiatan penyelesaian tugas akhir. Diharapkan dengan pemanfaatan fasilitas TIK maka kegiatan penyelesaian tugas akhir akan sangat terbantu terutama dalam hal proses pengelolaan data. Selain itu pendayagunaan fasilitas TIK dilakukan untuk mengatasi beberapa permasalahan pada kegiatan penyelesaian tugas akhir. Permasalahan tersebut diantaranya adalah terbatasnya waktu dalam melayani mahasiswa terkait dengan kegiatan penyelesaian tugas akhir. Masalah berikutnya adalah kebutuhan media penyimpanan yang terus meningkat secara cepa dan ketidakserasian data antara data yang tersimpan di bagian akademik dengan data yang ada pada Dewan Pertimbangan Skripsi (DPS). Masalah terakhir yang ditemukan adalah mengenai kebutuhan sistem yang dapat melakukan validasi terhadap kelayakan mahasiswa dalam mengajukan skripsi.
Metodologi penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian (penelitian deskriptif), metode pendekatan sistem (berorientasi objek) dan pengembangan sistem (Rational Unified Process). Selain metodologi penelitian, penelitian ini juga menggunakan alat bantu. Pertama alat bantu untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, peninjauan dokumen dan studi pustaka. Kedua alat bantu untuk analisis dan perancangan sistem menggunakan diagram UML version 2.5 (Unifield Modeling Language). Ketiga alat bantu untuk implementasi pemrogaman menggunakan web editor (JetBrains PhpStorm 2017), web server (XAMPP version 5.6.3) dan bahasa pemrograman Ruby on Rails.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penyelesaian tugas akhir untuk dapat memberikan solusi atas masalah yang terjadi pada kegiatan penyelesaian tugas akhir di program studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Sistem Informasi, Penyelesaian Tugas Akhir.
Published
2017-03-01
How to Cite
[1]
N. Radliya and I. Alfaridzi, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENYELESAIAN TUGAS AKHIR PADA PROGRAM STUDI PGPAUD UPI KAMPUS TASIKMALAYA”, JATI, vol. 7, no. 1, pp. 51-66, Mar. 2017.