Perancangan Aplikasi E-Commerce Top-Up Game Online Berbasis Website dengan Integrasi Payment Gateway

Authors

  • Dwi Arya Ramadhani Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro
  • Purwa Esti Nugraha Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro
  • M. Iqbal Syahrizal Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro
  • Ramadhan Rakhmat Sani Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.34010/jati.v15i2.17055

Keywords:

Aplikasi Web, E-Commerce, Keamanan Transaksi, Metode Waterfall, Payment Gateway, Top-Up Game Online

Abstract

Pada era digital yang terus berkembang, transaksi top-up game online menjadi kebutuhan penting di kalangan gamer. Namun maraknya kasus penipuan dan lemahnya sistem keamanan dalam proses transaksi online menimbulkan kekhawatiran terutama ketika pengguna diminta memberikan data sensitif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan aplikasi top-up game online berbasis web bernama DartGameCorner dengan mengintegrasikan payment gateway sebagai solusi transaksi yang aman dan efisien. Metodologi yang digunakan adalah model Waterfall dimulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian menggunakan metode Blackbox hingga tahap pemeliharaan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi mampu memberikan pengalaman transaksi yang lebih terstruktur, aman, dan cepat, dengan fitur utama seperti autentikasi pengguna, validasi data, manajemen transaksi, dan opsi pembayaran digital melalui MidTrans. Pengujian sistem juga menunjukkan bahwa fungsi-fungsi utama berjalan sesuai kebutuhan meskipun tahap pengujian lanjutan masih diperlukan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dalam bertransaksi serta menjadi alternatif terpercaya bagi layanan top-up game online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Wati dan A. Maseleno, “Perancangan Aplikasi Sistem Penjualan Top-Up Game Online Berbasis Website Memanfaatkan Fitur MERN Fullstack Menggunakan Metode Waterfall,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 18, no. 1, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8414

[2] R. N. Setiawan, Pembuatan Sistem Informasi Top Up Gaming Berbasis Website. Yogyakarta: Universitas Amikom, 2022. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/90929/1/NasPub_L200170179_Robby%20Nugroho%20Setiawan.pdf

[3] S. M. Maulana dan H. Susilo, “Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 6, no. 2, 2023. [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118803/

[4] M. Sidik, “Perancangan dan Pengembangan E-Commerce dengan Metode Research and Development,” Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, vol. 4, no. 1, pp. 99–107, Jul. 2019, doi: 10.17605/jti.v4i1.516.

[5] M. Barseli dan V. Sriwahyuningsih, “Game Online Mobile Legends sebagai Pemicu Turunnya Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Psikologi Insight, vol. 9, no. 1, 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/373865960_Peran_game_online_mobile_legends_sebagai_pemicu_turunnya_motivasi_belajar_siswa/fulltext/650106db68ca5847e3d5ae95/Peran-game-online-mobile-legends-sebagai-pemicu-turunnya-motivasi-belajar-siswa.pdf

[6] S. Irawan, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik,” Jurnal Konseling Gusjigang, vol. 7, no. 1, 2021. [Online]. Available: https://jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/3845/3123

[7] E. Surya, A. Muftiadi, dan A. Chan, “Pengaruh Customer Perceived Value Terhadap Repurchase Intention dalam Game Genshin Impact,” Jurnal Riset Lab, vol. 13, no. 2, p. 866, Mei 2024, doi: 10.34127/jrlab.v13i2.1091.

[8] A. Sudianto, B. A. C. Permana, M. Wasil, dan Harianto, “Penerapan Sistem Payment Gateway Pada E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan,” INFOTEK: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 271–279, Jan. 2025, doi: 10.29408/jit.v8i1.28323.

[9] N. Sriminarti, Y. P. Yustisi, dan R. I. Hariman, Buku Ajar E-Commerce. Jakarta: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. Available: https://books.google.co.id/books/about/Buku_Ajar_E_Commerce.html?id=3v8REQAAQBAJ&redir_esc=y

[10] Z. Setiawan et al., Basic Digital Business. Bandung: PT. Green Pustaka Indonesia, 2024. Available: https://books.google.co.id/books/about/Basic_Digital_Business.html?id=0WolEQAAQBAJ&redir_esc=y

[11] T. A. R. Zain, “Penyuluhan Hukum Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Secara Online,” Comserva: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 1259–1266, Ags. 2023, doi: 10.59141/comserva.v3i4.887.

[12] Chairunisa Dwinanda Asti, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, dan Welly Purnomo, “Pengembangan Website E-Commerce dengan Pemanfaatan Sistem Payment Gateway Midtrans (Studi Kasus: Butik Rizza Collection),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 12, pp. 5213–5220, Des. 2021. [Online]. Available: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/184269/6/Chairunisa%20Dwinanda%20Asti.pdf

[13] V. A. Kurniyanti dan D. Murdiani, “Perbandingan Model Waterfall Dengan Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website,” Journal of System and Fusion (JSF), vol. 2, no. 08, pp. 669–675, Ags. 2022, doi: 10.54543/fusion.v2i08.210.

[14] C. S. Wasson, System Engineering Analysis, Design, and Development: Concepts, Principles, and Practices. 2nd ed., Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=32dcCwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_book_other_versions_r&cad=3#v=onepage&q&f=false

[15] A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Aceng-Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf

[16] Gira Muhammad Nur Icharisma, Kamal Prihandani, dan Aji Primajaya, “Rancang Bangun Website E-Commerce Berbasis WordPress dan Integrasi Payment Gateway Metode Waterfall,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.31539/intecoms.v6i2.7240

[17] Y. Habibullah, A. Sudianto, dan Bq. A. C. Permana, “Aplikasi Toko Online dengan Penerapan Sistem Payment Gateway untuk Transaksi Pembayaran Berbasis Web,” JPrinter, vol. 1, no. 2, pp. 103–117, Des. 2023, doi: 10.29408/jprinter.v1i2.22122.

[18] Revi Angeli Siahaan dan Riyanthi Angrainy Sianturi, “Analisis Perbandingan Payment Gateway untuk Sistem Pembayaran berbasis Aplikasi dengan Comparative Study,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.25126/jtiik.20241127680

[19] B. Fachri dan R. W. Surbakti, “Perancangan Sistem dan Desain Undangan Digital Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya),” Journal of Science and Social Research (JSSR), vol. 4, no. 3, Okt. 2021, doi: 10.54314/jssr.v4i3.692.

[20] J. A. Lestari, S. Andriyanto, dan Y. A. Rindri, “Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Terintegrasi WhatsApp Gateway di MA Nurul Falah,” JATI (Jurnal Teknik Informatika), vol. 14, no. 2, pp. 99–110, Sep. 2024, doi: 10.34010/jati.v14i2.11864.

[21] D. W. T. Putra dan R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer (JTIf), vol. 7, no. 1, pp. 32–39, Apr. 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.V7.1.32-39.

[22] E. Affandi dan T. Syahputra, “Pemodelan UML Manajemen Sistem Inventory,” Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, vol. 1, no. 2, 2018. [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/27

[23] I. K. Raharjana dan A. Justitia, “Pembuatan Model Sequence Diagram dengan Reverse Engineering Aplikasi Basis Data pada Smartphone untuk Menjaga Konsistensi Desain Perangkat Lunak,” JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 13, no. 2, pp. 133–142, Jul. 2015, doi: 10.12962/j24068535.v13i2.a482.

[24] F. Aryani dan A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rental Motor di Daerah Bekasi Menggunakan Metode SDLC,” Jurnal Teknik dan Informatika, vol. 15, 2025. [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/12636/4940

Downloads

Published

2025-09-26 — Updated on 2025-09-26

Versions

How to Cite

[1]
“Perancangan Aplikasi E-Commerce Top-Up Game Online Berbasis Website dengan Integrasi Payment Gateway”, JATI, vol. 15, no. 2, pp. 160–173, Sep. 2025, doi: 10.34010/jati.v15i2.17055.