Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa Lampung Berbasis Komunitas Menggunakan Scrum

Authors

  • Ridho Ahmad Fauzi Universitas Lampung
  • Mahendra Pratama Universitas Lampung
  • Trisya Septiana Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.34010/jati.v15i2.16374

Keywords:

Bahasa Lampung, Black Box, React Native Expo, Scrum, User Acceptance Test

Abstract

Provinsi Lampung memiliki keberagaman suku yang menetap di dalamnya. Keberagaman ini menyebabkan banyaknya bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang pada akhirnya berdampak pada budaya lokal, termasuk penggunaan bahasa Lampung. Penggunaan bahasa Lampung kini semakin terbatas, sementara bahasa lain seperti bahasa Indonesia menjadi lebih dominan. Kondisi ini menjadikan bahasa Lampung tergolong sebagai bahasa yang terancam punah, dengan jumlah penutur yang terus mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi kamus bahasa Lampung berbasis komunitas dalam bentuk aplikasi mobile pada platform Android sebagai upaya pelestarian bahasa Lampung. Platform Android dipilih karena memiliki jumlah pengguna yang lebih dominan, sehingga diharapkan aplikasi dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman React Native dengan kerangka kerja Expo, serta menerapkan metode Scrum dalam proses pengembangan perangkat lunaknya. Aplikasi diuji menggunakan  Black Box dan User Acceptance Test (UAT). Aplikasi telah dikembangkan menggunakan metode Scrum dalam 9 sprint dengan total 19 product backlog. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fungsionalitas aplikasi berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Pengujian Black Box mencapai tingkat keberhasilan 100% setelah dilakukan dua iterasi pengujian. Kemudian, rata-rata skor User Acceptance Test (UAT) dari pengguna dengan peran sebagai publik, kontributor, dan penguji adalah 95,02% atau setara dengan 4,75 dari skala 5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. W. Putri, “Pergeseran Bahasa Dearah Lampung Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung,” PRASASTI: Journal of Linguistics, vol. 3, no. 1, hlm. 83–97, 2018, doi: 10.20961/prasasti.v3i1.16550.

[2] N. E. Rusminto, F. Ariyani, A. B. Setiyadi, dan G. E. Putrawan, “Local language vs. National Language: The lampung Language Maintenance in The Indonesian Context,” Kervan - International Journal of Afro-Asiatic Studies, vol. 25, no. 1, hlm. 287–307, 2021, doi: 10.13135/1825-263X/5787.

[3] Kemendikbudristek, Statistik Kebahasaan dan Kesastraan 2023, vol. 5. 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29024

[4] N. A. Rahardini dan A. A. Niswah, “Revitalisasi Bahasa Minoritas di Indonesia,” Jurnal Etnolingual, vol. 6, no. 2, hlm. 113–134, 2022, doi: 10.20473/etno.v6i2.41287.

[5] S. Garg dan N. Baliyan, “Comparative analysis of Android and iOS from security viewpoint,” Comput Sci Rev, vol. 40, hlm. 100372, 2021, doi: 10.1016/j.cosrev.2021.100372.

[6] F. E. Febriansyah, A. Ardiansyah, dan A. Darmaji, “Cawa Lampung : Kamus Bahasa Indonesia-Lampung Dialek a Berbasis Android,” Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, vol. 7, no. 3, hlm. 331, 2020, doi: 10.20527/klik.v7i3.352.

[7] S. N. Azima, Muhammad Fauzan Laila, “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa dan Aksara Lampung Dialek A dan Dialek O Berbasis Android,” Jurnal Teknika, vol. 14, no. x, hlm. 1–9, 2020, doi: 10.5281/zenodo.13346173.

[8] Khairul, S. Hayati, dan Y. Yusman, “Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Indonesia Dengan Algoritmata Raita Berbasis Android,” JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN, vol. 11, no. 1, hlm. 1–6, 2018, doi: 10.24036/tip.v11i1.102.

[9] Scrum.org, “The 2020 Scrum Guide.” Diakses: 17 September 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://scrumguides.org/index.html

[10] M. Žáček, A. Hamplová, J. Tyrychtr, dan I. Vrana, “Improvements for the Planning Process in the Scrum Method,” Applied Sciences (Switzerland), vol. 15, no. 1, 2025, doi: 10.3390/app15010202.

[11] Z. I. Sholihati dan I. Tahyudin, “Pengembangan Aplikasi Tiga-Tingkat Menggunakan Metode Scrum pada Aplikasi Presensi Karyawan Glints Academy,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 6, no. 1, hlm. 169–176, 2022, doi: 10.29207/resti.v6i1.3793.

[12] N. Hayati dan L. Lionie, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru SMP Islam Izzatul Madani Bogor Berbasis Web,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 13, no. 2, hlm. 165–180, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i2.10199.

[13] Taiga, “Open Source and Lean principles gave birth to Taiga.” Diakses: 16 September 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://taiga.io/about-us/

[14] A. H. Malahella, I. Arwani, dan Tibyani, “Pemanfaatan Framework React Native dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Minuman Kopi pada Kedai Bycoffee,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, hlm. 3178–3184, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7898

[15] M. Kuitunen, “Cross-Platform Mobile Application Development with React Native,” Tamperey University, no. February, hlm. 1–26, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://urn.fi/URN:NBN:fi:tty-201902111234

[16] N. Prayogi dan A. Ayuningtyas, “Aplikasi Presensi Kegiatan Menggunakan QR Code dan Digital Signature pada Dinas Kominfo Kabupaten Gresik,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 13, no. 2, hlm. 109–121, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i2.9432.

[17] A. Verma, A. Khatana, dan S. Chaudhary, “A Comparative Study of Black Box Testing and White Box Testing,” International Journal of Computer Sciences and Engineering, vol. 5, no. 12, hlm. 301–304, 2017, doi: 10.26438/ijcse/v5i12.301304.

[18] F. F. Nursaid, A. Hendra Brata, dan A. P. Kharisma, “Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dengan ReactJS Dan React Native Menggunakan Prototype (Studi Kasus : Toko Uda Fajri),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 1, hlm. 46–55, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6859

[19] G. B. Subiksa, I. G. I. W. Wardana, I. G. A. Saputra, I. M. P. K. Arnawa, dan I. K. S. Narayana, “Analisis Evaluasi Kepuasan Pengguna SteamOS Menggunakan Metode Evaluasi Heuristic,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 14, no. 1, hlm. 1–10, 2023, doi: 10.34010/jati.v14i1.10549.

[20] I. Aida Sapitri dan M. Fikry, “Pengklasifikasian Sentimen Ulasan Aplikasi Whatsapp Pada Google Play Store Menggunakan Support Vector Machine,” Jurnal TEKINKOM, vol. 6, no. 1, hlm. 1–7, 2023, doi: 10.37600/tekinkom.v6i1.773.

[21] Jovita Nabilah Azizi dkk., “Pengujian Black Box Pada Website Buitenzorg Outdoor Menggunakan Metode Use Case Testing Dan Boundary Value,” Jurnal Cakrawala Informasi, vol. 4, no. 2, hlm. 22–32, 2024, doi: 10.54066/jci.v4i2.502.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

[1]
“Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa Lampung Berbasis Komunitas Menggunakan Scrum”, JATI, vol. 15, no. 2, pp. 131–146, Sep. 2025, doi: 10.34010/jati.v15i2.16374.