Penerapan Lean UX dalam Desain UI/UX untuk Optimalisasi Layanan di PT. Tata Graha Perkasa
DOI:
https://doi.org/10.34010/jati.v15i2.14669Keywords:
Desain, Komunikasi, Lean UX, Outsourcing, UI/UXAbstract
PT. Tata Graha Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang outsourcing. Di era yang semakin modern ini tentunya banyak perusahaan yang mulai melakukan penyesuaian di berbagai aspek bisnis contohnya teknologi, yang dimana outsourcing dan teknologi jika di gabungkan akan memudahkan untuk melakukan kerjasama dan pencarian tenaga kerja. Pada PT. Tata Graha Perkasa untuk proses sebelumnya dalam komunikasi dengan client dan pencarian tenaga kerja sendiri masih dilakukan menggunakan whatsapp yang dimana akan membuat tertumpuknya komunikasi client dan kurang tertariknya pelamar pekerjaan untuk melihat apa itu perusahaan PT. Tata Graha Perkasa. Maka dari itu harus melakukan penyesuaian yaitu dengan memulai melakukan perancangan UI/UX agar jika nantinya akan dilakukan pembuatan website, maka tampilan pada penelitian ini bisa menjadi referensi PT. Tata Graha Perkasa untuk mengetahui tata letak tentang website yang akan dibuat kedepannya dan penyelesaian permasalahan yang ada. Tampilan website yang dibuat adalah mencakup pengenalan perusahaan, komunikasi dengan client, dan tentunya pencarian tenaga kerja yang nantinya akan membuat PT. Tata Graha Perkasa bisa dikenali oleh banyak orang. Tampilan UI/UX yang akan dibuat memiliki dua metode yaitu Lean UX untuk pendekatan untuk pembuatan UI/UX, Lean UX dapat menyelesesaikan produk dengan menggabungkan antara fungsionalitas, sehingga akan mengurangi kebutuhan untuk dokumentasi, metode kedua adalah metode untuk testing menggunakan platform maze.co yang akan menunjukkan presentase hasil uji coba tampilan UI/UX yang sudah dibuat. Hasil testing yang sudah dilakukan menunjukkan tingkat kesuksesan rata – rata di angka 97,1%, tingkat durasi rata – rata diangka 51,87s, tingkat missclick rata – rata diangka 17,75%, dan rata – rata kepuasan pengguna dianga 97,13%.
Downloads
References
[1] N. Oktria, "Analisa Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Outsourcing berbasis Webpada PT BSI PRO," JUSIBI, vol. 2, no. 1, pp. 256-262, 2020, doi: 10.54650/jusibi.v2i1.200.
[2] F. I. P. Dewangga, P. M. Kusumantara and D. S. Y. Kartika, "Perancangan Ulang UI/UX Website Sistem Informasi Akademik pada Universitas XYZ Menggunakan Metode Lean UX," JUISIK, vol. 3, no. 3, pp. 21-32, 2023, doi: 10.55606/juisik.v3i3.621.
[3] A. A. Ibrahim, "Perancangan UI/UX pada Website Rumah Tahfidz Akhwat Menggunakan Metode Design Thinking," TEKNIKA, vol. 12, no. 2, pp. 96-105, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i2.599.
[4] B. Setiawan and Triase, "Implementasi Desain UI/UX Aplikasi Ourticle ke dalam Aplikasi Berbasis Android," Sibatik Jurnal, vol. 2, no. 3, pp. 805-818, 2023, doi: 10.54443/sibatik.v2i3.665.
[5] A. A. Faizin, "3 Elemen Dasar Desain Visual pada UI Design yang Wajib Diketahui," 2022. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/3-elemen-dasar-desain-visual-pada-ui-design-yang-wajib-diketahui/. [Accessed 27 September 2024].
[6] A. K. Virgiawan and E. Fadilah, "Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking pada VISA (Visitor System Application) pada PT Dayamitra Telekomunikasi TBK Regional Sumbagsel," Jurnal Riset Sistem Informasi, vol. 1, no. 4, pp. 29-43, 2024, doi: 10.69714/ggywjx25.
[7] A. K. Rianingtyas and K. K. Wardani, "Perancangan User Interface Aplikasi Mobile sebagai Media Promosi Digital UMKM Tour dan Travel," Jurnal Sains dan Seni, vol. 7, no. 2, pp. 118-123, 2018, doi: 10.12962/j23373520.v7i2.36874.
[8] J. Gothelf and J. Seiden, "Lean UX: Designing Great Products with Agile Teams 2nd Edition," in Lean UX, 2nd Edition, New York, O'Reilly Media, 2016, pp. 1-203.
[9] A. S. Oktavia, R. W. Lestari, A. Nugroho, "Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Transportasi Umum dengan Metode User Experience Questionnaire," JTeksis, vol. 6, no. 1, pp. 83-76, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1094.
[10] F. W. Priyanto, "Penerapan Metode Lean UX pada Perancangan Website Islamic Vibes," Jurnal Multi Media dan IT, vol. 6, no. 1, pp. 1-74, 2022, doi: 10.46961/jommit.v6i1.554.
[11] Angga and Jun, "Pengertian Serif dan Sans Serif," 21 April 2010. [Online]. Available: http://www.desainstudio.com/2010/04/pengertian-serif-dan-sans-serif.html. [Accessed 30 Oktober 2024].
[12] M. R. Aimar, M. Defriani and M. R. Muttaqin, "Redesign UI/UX Aplikasi Lazatto Berbasis Mobile Menggunakan Metode Lean Experience (Studi Kasus: Lazatto Citalang Kabupaten Purwakarta)," Merkurius: Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, vol. 2, no. 5, pp. 62-74, 2024, doi: 10.61132/merkurius.v2i5.285.
[13] M. Najib and E. Trafika, "Designing UI/UX for CareerSite Website Using LeanUX Method," Information Technology International Journal, vol. 1, no. 1, pp. 12-22, 2023, doi: 10.33005/itij.v1i1.3.
[14] D. A. N. Wulandari, Sunarti, and T. Kuspriyono, "Design UI/UX dengan Menggunakan Metode Design Thingking pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema," Jurnal Infortech, vol. 5, no. 1, pp. 22-29, 2023, doi: 10.31294/infortech.v5i1.15376.
[15] Asriati, Haeruddin, A. S. HR, I. Tahalua and Ibrahim, "Pengaruh Lingkungan Kerja dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Tenaga Alih Daya," JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), vol. 10, no. 2, pp. 377-386, 2024, doi: 10.29210/020242625.
[16] S. K. Lailia and L. Venica, "Perancangan Ulang Antarmuka Fitur Obrolan pada Aplikasi WhatsApp dengan Metode Design Thinking," Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 13, no. 2, pp. 181-195, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i2.10115.
[17] Z. Z. Maulidia and R. Andrian, "Perancangan Website Majalengka Saber Hoaks dalam Mendukung Proses Verifikasi Informasi dengan Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 13, no. 1, pp. 17-28, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i1.8740.
[18] K. T. Mukti and R. E. Febrita and I. W. Suardinata, "Perancangan UI/UX pada Website Ruang Rindu dengan Metode Design Thinking," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 395-403, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1375.
[19] N. Syifa, R. Mayasari and A. S. Y. Irawan, "Penerapan Metode LEAN UX pada Perancangan UI/UX Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows," INTECOMS, vol. 4, no. 2, pp. 392-405, 2021, doi: 10.31539/intecoms.v4i2.2658.
[20] Normah and F. Sihaloho, "Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi pendistribution alat-alat kesehatan pada perusahaan PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat," Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 9, no. 1, pp. 33-38, 2023, doi: 10.31294/ijse.v9i1.15467.
[21] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan and A. Sevtiana, "Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma," Jurnal DIGIT, vol. 10, no. 2, pp. 208-219, 2020, 10.51920/jd.v10i2.171.
[22] Y. Ramadhani, S. R. Fashya, M. D. Amelia, S. Utami, S. Ramadhaniyah, M. H. Maulana and A. M. Abdi, "Sistem Informasi Presensi Pegawai Outsourcing Berbasis Web di PT. PLN (Persero) ULP Telanai Pura Jambi," INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 1-17, 2024, doi: 10.31004/innovative.v4i3.12558.
[23] I. B. K. Sekali, C. E. J. C. Montolalu and S. A. Widiana, "Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking," JIMA-ILKOM, vol. 2, no. 2, pp. 53-64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.
[24] R. N. Fadilah and D. Sweetania, "Perancangan Design Prototype UI/UX Aplikasi Reservasi Restoran dengan Menggunakan Metode Design Thinking," JUIT, vol. 2, no, 2, pp. 132-146, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.
[25] J. Nielsen, "How Many Test Users in a Usability Study?," nngroup, 3 Juni 2012. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/. [Accessed 15 Februari 2025].
Downloads
Published
Versions
- 2025-09-26 (2)
- 2025-09-01 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi dan Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.






