Abstract

Abstrak


Penelitian ini meneliti tentang bentuk pengurangan ekranisasi dari teori Eneste pada plot dari cerita adaptasi anime Assassination Classroom ke live action Assassination Classroom. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dan metode deskriptif analisis. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi dengan teori. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak, teknik mencatat, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa adanya bentuk pengurangan ekranisasi, yaitu terdapat 16 plot yang mengalami pengurangan. Teknik yang digunakan untuk menghilangkan 16 plot adalah teknik eliminasi. Plot-plot yang berkurang bertujuan untuk meningkatkan plausibilitas atau kelogisan fabula di dalam live action. Selain itu, hal itu dilakukan karena durasi dari masing-masing dua live action, yaitu 1 jam 49 menit dan 1 jam 50 menit


 


Kata Kunci : Ekranisasi, Pengurangan, Plot, Anime, Live Action


 


Abstract


This research discusses the form of ecranization from Eneste's theory to the plot of the anime adaptation story Assassination Classroom to live action Assassination Classroom. This research uses a structural approach and descriptive analysis method. The data validity technique uses triangulation techniques with theory. Data collection is carried out through listening techniques, collection techniques, and literature study. The results of the study showed that there were forms of ecranization, which were 16 approved plots. The technique used to eliminate 16 plots is the elimination technique. Plots that reduce priority to increase great plausibility or logic in direct action. In addition, this was done because the duration of each of the two live actions, namely 1 hour 49 minutes and 1 hour 50 minutes


 


Keywords : Ecranization, Reduction, Plot, Anime, Live Action