Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis kebutuhan pembelajaran Bahasa Jepang yang berfokus pada motivasi dan  materi yang dibutuhkan dalam perkuliahan Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form terhadap 45 mahasiswa semester V Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia Tahun Akademik 2023/2024 program yang mengambil matakuliah Bahasa Jepang sebagai mata kuliah pilihan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Motivasi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia mengambil matakuliah Bahasa Jepang adalah ketertarikan terhadap Bahasa Jepang, ketertarikan terhadap budaya popular Jepang, serta keinginan untuk bekerja di Perusahaan Jepang. Materi yang dibutuhkan dalam Perkuliahan Bahasa Jepang adalah pemahaman tata bahasa, huruf dan kosakata Jepang, percakapan sederhana untuk kegiatan sehari-hari, serta pemahaman lintas budaya.  Selanjutnya, supaya tujuan pembelajaran Bahasa Jepang dapat tercapai dengan baik, diperlukan matakuliah Bahasa Jepang Lanjutan dan juga penambahan  jumlah SKS. Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi guna pembuatan silabus dan pengembangan bahan ajar matakuliah Bahasa Jepang di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia.