Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.34010/js.v12i2.11343Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis kebutuhan pembelajaran Bahasa Jepang yang berfokus pada motivasi dan materi yang dibutuhkan dalam perkuliahan Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form terhadap 45 mahasiswa semester V Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia Tahun Akademik 2023/2024 program yang mengambil matakuliah Bahasa Jepang sebagai mata kuliah pilihan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Motivasi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia mengambil matakuliah Bahasa Jepang adalah ketertarikan terhadap Bahasa Jepang, ketertarikan terhadap budaya popular Jepang, serta keinginan untuk bekerja di Perusahaan Jepang. Materi yang dibutuhkan dalam Perkuliahan Bahasa Jepang adalah pemahaman tata bahasa, huruf dan kosakata Jepang, percakapan sederhana untuk kegiatan sehari-hari, serta pemahaman lintas budaya. Selanjutnya, supaya tujuan pembelajaran Bahasa Jepang dapat tercapai dengan baik, diperlukan matakuliah Bahasa Jepang Lanjutan dan juga penambahan jumlah SKS. Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi guna pembuatan silabus dan pengembangan bahan ajar matakuliah Bahasa Jepang di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)