PENGELOLAAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT

  • Lisna Sukmawati
Keywords: pengelolaan, investasi TI, cobit, maturity level

Abstract

Peran informasi sebagai salah satu sumber daya strategis suatu organisasi menjadi sangat penting dalam pencapaian visi dan misi organisasi. Salah satu kunci sukses untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan seluruh tingkatan manajemen, dibutuhkan pengelolaan sumber daya informasi yang tepat. Pengelolaan sumber daya informasi yang meliputi perencanaan, pengolahan, pemeliharan, dan keterpaduannya dapat digunakan sebagai penyangga investasi teknologi informasi yang merupakan fondasi teknologi yang berkembang.
Pengelolaan investasi Teknologi Informasi diharapkan dapat membantu menekan dan menghemat biaya operasional Teknologi Informasi, dengan cara mengoptimalkan operasional Teknologi Informasi melalui kendali-kendali yang diterapkan pada setiap proses penggunaan sumber daya Teknologi Informasi, dan penanganan resiko-resiko yang berhubungan dengan Teknologi Informasi.
Langkah awal yang dilakukan adalah menganalisis pengelolaan investasi Teknologi Informasi yang digunakan saat ini, dengan mengacu pada Framework COBIT (Control Objectives for Information and related Technology). Temuan yang didapat dari analisis tersebut akan diolah sehingga mencapai tingkat kematangan (maturity level), dengan harapan dapat memberikan gambaran pada pihak manajemen tentang pengelolaan investasi Teknologi Informasi yang sedang berjalan dan bila memungkinkan dapat dilakukan penilaian ulang oleh organisasi secara internal untuk mengetahui kebijakan dan kebutuhan Teknologi Informasi organisasi tersebut.

References

COBIT Steering Committee and the IT Governance Institute (2000), COBIT Framework, IT Governance Institute. http://www.isaca.org. 2/8/2004.

COBIT Steering Committee and the IT Governance Institute (2000), COBIT Management Guidelines, IT Governance Institute. http://www.isaca.org. 2/8/2004.

The IT Governance Institute (2000), Board Briefing on IT Governance. IT Governance Institute. http://www.itgi.org. 2/8/2004.

The IT Governance Institute (2000), COBIT Mapping (Overview of International IT Guidance), IT Governance Institute. http://www.isaca.org. 2/8/2004.

The IT Governance Institute (2000), IT Governance Executive Summary. IT Governance Institute. http://www.itgi.org. 2/8/2004.

The IT Governance Institute (2004), IT Governance Global Status Report. http://www.itgi.org. 12/12/2004.

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
L. Sukmawati, “PENGELOLAAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT”, JAMIKA, vol. 8, no. 1, Apr. 2018.