PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIKOM

  • Julian Chandra Wibawa Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Nizar Rabbi Radliya Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: sistem, informasi, pengelolaan surat

Abstract

Sejalan dengan visi, misi, dan budaya organisasi UNIKOM, yaitu PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence), serta untuk meningkatkan standar mutu pendidikan, program studi Sistem Informasi sangat membutuhkan sistem infomasi berbasis Information Technology yang dapat memudahkan kegiatan akademik, terutama pada pengelolaan surat di program studi sistem informasi. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan pembangunan sistem informasi pengelolaan surat yang akan diterapkan pada program studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia. Sistem informasi yang dibangun bertujuan untuk proses migrasi pengelolaan surat ke arah pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dapat terselesaikan. Metodologi penelitian yang dilakukan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikomendasikan dengan model waterfall.

References

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika.

Ginanjar, T. 2016. Pengembangan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar di Prodi Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). http://elib.unikom.ac.id (akses: 24/01/2018)

Mulyanto, Agus.2009. Sistem Informasi. Pustaka Pelajar.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Roger, S. Presman, Ph.D. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Zakiyudin, Ais. 2012. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
J. Wibawa and N. Radliya, “PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIKOM”, JAMIKA, vol. 8, no. 1, Apr. 2018.