PERANGKAT LUNAK PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS (STUDI KASUS : PUSKESMAS SEKELOA BANDUNG)

  • Tono Hartono Program Studi Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia
  • Priyo Wicaksono Program Studi Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Perancangan Perangkat Lunak, Pelayanan, Kesehatan

Abstract

Puskesmas Sekeloa merupakan pusat kesehatan masyarakat yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan kesehatan masyarakat yang melayani pasien umum, pasien peserta askes dan pasien peserta askeskin. Pelayanan pasien di puskesmas Sekeloa saat ini masih menggunakan pembukuan sebagai arsip, sehingga masih mengalami kesulitan dalam pencarian data pasien dan masih sering terjadinya penduplikatan data pasien terhadap pasien lama yang tidak membawa kartu. Dengan adanya sistem informasi pelayanan pasien ini maka dapat meningkatkan pelayanan pasien guna mendapatkan informasi yang lebih akurat. Perancangan sistem yang digunakan adalah dengan metode prototype, dengan alat bantu yang digunakan untuk merancang sistem berupa Flowmap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD) dan Kamus Data. Perancangan basis data dengan menggunakan Normalisasi, Tabel Relasi, Entity Relational Diagram (ERD), dan Struktur File, serta perancangan program yang meliputi Kodifikasi, Perancangan Input dan Output, Struktur Menu dan Kebutuhan Sistem. Alat pengembangan aplikasi database menggunakan Microsoft SQL Server 2000 Personal Edition dan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition. Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi pelayanan pasien dapat mempermudah petugas dalam melakukan tugas sesuai dengan posisinya dan dapat mengatasi penduplikasian data pasien yang sering terjadi. Sehingga puskesmas Sekeloa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

References

Azhar, S. 2003. Sistem Informasi Manajemen (Konsep dan Pengembangan). Lingga Jaya. Bandung.

Fahrial, Jaka. Teknik Konfigurasi LAN. www.ilmukomputer.com

Hastha Dewa Putranta ST, MM, Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi, Amus Yogyakarta, 2004.

Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon, Sistem Informasi Manajemen, Mengelola Perusahaan Digital, Andi Yogyakarta, 2005.

James A. O’Brien, Management Information System-Managing Information Technology in the Business enterprise, McGraw-Hill, Inc., 2004.

Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman, System Analysis and Design Methods Sixth Edition,, McGraw-Hill, Inc., 2004.

Published
2018-03-26
How to Cite
[1]
T. Hartono and P. Wicaksono, “PERANGKAT LUNAK PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS (STUDI KASUS : PUSKESMAS SEKELOA BANDUNG)”, JAMIKA, vol. 1, no. 1, Mar. 2018.