SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SKRIPSI/TUGAS AKHIR PADA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIKOM BANDUNG

  • Sintya Sukarta Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Sistem Informasi, Pengolahan Data, Skripsi/TA

Abstract

Sistem pengolahan data Skripsi/Tugas Akhir merupakan aspek yang sangat penting bagi jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Bandung untuk mengetahui mahasiswa yang mengajukan Skripsi/Tugas Akhir. Pada sistem pengolahan data Skripsi/Tugas Akhir yang sedang berjalan terdapat beberapa permasalahan yang disebabkan masih manualnya sistem tersebut. Masalah-masalah itu antara lain : pembuatan laporan wisuda, belum terintegrasi antara dokumen satu dengan dokumen lainnya, Dalam pembuatan jadwal seminar dan sidang masih terjadinya bentrokan jadwal antara dosen pembimbing dan penguji. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan semua permasalahan tersebut bisa teratasi, sehingga membantu Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIKOM Bandung dalam meningkatkan efektifitas kerjanya.
Untuk melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan.Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah prototype, karena metode ini bisa membangun komunikasi yang baik antara pengembang sistem dan pengguna. Adapun perangkat lunak pendukung yang penulis gunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0 dan SQL Server 2000 sebagai sistem database-nya.
Dengan dikembangkannya sistem pengolahan data Skripsi/Tugas Akhir dari proses manual menjadi berbasis komputer, maka dapat meminimalisir masalah-masalah yang muncul dan penyajian informasi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.
Kata kunci : Sistem Informasi, Pengolahan Data, Skripsi/Tugas akhir.

References

Abdul Kadir, 2003, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Abdul Kadir, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Adi kurniadi, 2000, Pemrograman Microsoft Visual Basic 6, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Azhar Susanto, 2007, Sistem Informasi Manajemen, Lingga Jaya, Bandung. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto Hartono M., 2001, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Pusat Bahasa Depdiknas, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Raymond McLeod Jr., 2001, Sistem Informasi Manajemen, Prentice Hall Inc., Jakarta.

Published
2018-03-26
How to Cite
[1]
S. Sukarta, “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SKRIPSI/TUGAS AKHIR PADA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIKOM BANDUNG”, JAMIKA, vol. 1, no. 2, Mar. 2018.