SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGADUAN DAN TAGIHAN REKENING PELANGGAN DI PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

  • Deasy Permatasari Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Nova Noveristi Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: sistem informasi, sms gateway

Abstract

PDAM Tirtawening Kota Bandung merupakan Perusahaan Daerah yang bergerak dibidang pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air kotor. Salah satu kegiatan utama yang terdapat di PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah memberikan pelayanan terhadap pelanggan.
Saat ini untuk mendapatkan pelayanan mengenai informasi tagihan rekening, melaporkan angka stand meter dan melaporkan pengaduan terhadap pelayanan PDAM Tirtawening, pelanggan harus datang ke kantor pusat sehingga membuat proses pelayanan tidak optimal dan tidak efisien.
Untuk memberikan pelayanan yang optimal, maka diperlukan suatu pengembangan sistem informasi yang lebih baik dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi yang dapat di akses oleh pelanggan dengan mudah.
Sistem informasi pelayanan Pengaduan dan Tagihan Rekening Pelanggan Di PDAM Tirtawening Kota Bandung menggunakan SMS Gateway, diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan pun meningkat dan memberikan pengaruh yang positif bagi pendapatan perusahaan, karena dengan SMS Gateway pelanggan dapat memperoleh pelayanan dengan mudah dimanapun, kapanpun dengan biaya yang relatif murah dan efisien.

References

Andri Kristanto. 2007. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Penerbit Gava Media. Klaten.

Budhi Irawan. 2005. Jaringan Komputer. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Drs. Zulkifli Amsyah. 2000. Manajemen Sistem Informasi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Evangelos Petrousos. 2002. Menguasai Pemrograman Database Dengan Visual Basic 6.0. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.

http://bahantugas.org/flowmap.html / 10 April 2010

http://erica.blog.binusian.org/ 05 Mei 2010

http://kelasti.files.wordpress.com/2009/05/dokumen2-usulan-pengembangan-adsi.doc / 24 Pebruari 2010

http://mugi.or.id/blogs/yandi_tubagus/archive/2009/11/18/data-flow-diagram-dfd-dan-flowmap.aspx / 10 April 2010

http://vendika11.wordpress.com/topologi-gambar/ 05 Mei 2010

http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9882/Pengembangan+Sistem+1+2.pdf / 24 Pebruari 2010

Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain. Andi. Yogyakarta.

Romzi Imron Rozidi. 2004. Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME) Berbasis Protokol SMPP. Andi. Yogyakarta.

syridink.com/download.php%3Ff%3D159Dokumen%2520Teknis%2520S

%2520Gateway.pdf+arsitektur+sms+gateway

Taryana Suryana. 2009. Visual Basic. Graha Ilmu. Yogyakarta.

www.isetyawan.web.ugm.ac.id/soft/Makalah.doc

Published
2018-03-26
How to Cite
[1]
D. Permatasari and N. Noveristi, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGADUAN DAN TAGIHAN REKENING PELANGGAN DI PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY”, JAMIKA, vol. 2, no. 1, Mar. 2018.