SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN OBAT (STUDI KASUS : APOTEK ADI CIPTA PARMA JL. SIRNARASA NO.49 CIMAHI)

  • Bella Hardiyana Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Apotek, Obat, Pembelian, Penjualan

Abstract

Apotek Adi Cipta Parma adalah apotek yang baru berdiri pada pertengahan tahun 2010. Dalam pelaksanaannya sistem yang berjalan di Apotek Adi Cipta Parma dinilai belum optimal. Ini diketahui dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis, hal ini dikarenakan sistem yang digunakan adalah masih manual yang artinya masih menggunakan arsip-arsip dan kertas. Permasalahannya adalah pengendalian stok obat serta pembuatan laporan-laporan, sehingga tidak jelas rincian pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mendukung aktivitas di perusahaan tersebut.
Sistem yang dibangun adalah sistem informasi pembelian dan penjualan obat yang sudah terhubung dengan database yang berbasis client-server, sehingga dapat diakses oleh beberapa komputer. Sistem yang dibangun sudah dapat melakukan validasi data, kodefikasi otomatis, serta fasilitas pembuatan laporan-laporan.

References

Al-Bahra Bin Ladjamudin, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Zaki Baridwan, 1981, Prosedur dan Metode Penyusunan Sistem Akuntansi, Yogyakarta.

Budhi Irawan, 2005, Jaringan Komputer, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.

Umar Apt, 2004, Manajemen Apotek Praktis, Solo.

Departemen Kesehatan RI, 1993, Peraturan Menteri Kesehatan No. 922/Menkes/X/1993 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek, Jakarta.

Published
2018-03-26
How to Cite
[1]
B. Hardiyana, “SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN OBAT (STUDI KASUS : APOTEK ADI CIPTA PARMA JL. SIRNARASA NO.49 CIMAHI)”, JAMIKA, vol. 2, no. 1, Mar. 2018.