PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG CITRA KOTA CIMAHI SEBAGAI KAWASAN MILITER

  • Rifiati Safariah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Komputer Indonesia
  • Rahadian Eka Putra Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Komputer Indonesia
Keywords: citra kota, kawasan militer, persepsi masyarakat, kota cimahi

Abstract

Citra Kota Cimahi Sebagai Kawasan Militer telah dicanangkan pada bulan Februari tahun 2010 yang lalu, pencanangan ini dilakukan oleh pihak pemerintah Kota Cimahi beserta jajaran instansi militer terkait. Sementara itu masyarakat dapat saja mempunyai persepsi yang berbeda tentang citra kota. Oleh karena itu tujuan dari studi ini adalah mengidentifikasi Citra Kota Cimahi sebagai kawasan militer berdasarkan persepsi masyarakat. Identifikasi Citra Kota Cimahi dilakukan dengan melakukan analisis deskriptif terhadap variabel identitas kota, elemen pembentuk citra kota, serta harapan masyarakat Kota Cimahi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden warga Kota Cimahi.
Kesimpulan dari penilitian ini adalah Citra Kota Cimahi sebagai Kota Militer cukup kuat dalam penilaian masyarakat Kota Cimahi. Kawasan militer merupakan identitas kota yang paling banyak dipilih oleh masyarakat dari aspek potensi (27%) dan sejarah (91%). Selain itu, dalam menentukan elemen rancang kota pembentuk Citra Kota Cimahi sebagai kawasan militer, masyarakat memiliki persepsi yang berbeda-beda. Namun demikian, terdapat beberapa elemen rancang kota yang paling menonjol dan dikenal baik oleh masyarakat. Untuk menguatkan Citra Kota Cimahi sebagai Kota Militer, masyarakat memiliki harapan untuk diadakannya event dan perayaan militer yang digelar secara rutin di Kota Cimahi, dan didirikannya museum militer di Kota Cimahi.

References

Lynch, Kevin. 1982. The Image of The City. Massachusets Institute of Technology.London.

Kottler, Philip. 1993. Marketing Places : AttractiveInvestment, Industry, and Tourism to Cities,States, and

Nations. The Free Press. Cambridge.

Rapoport, Amos. 1977. Human Aspects of Urban Form. Pergamon Press. New York.

Zahnd, Markus. 1999. Perancangan Kota Secara Terpadu. Kanisius.Yogyakarta.

Katam, Sukarsono, dan Lulus Abadi. 2005. Album Bandung Tempo Doeloe. Navress Indonesia. Jakarta.

Matanasi, Petrik. 2011. Sejarah Tentara. Narasi. Yogyakarta.

Sugiarto, Dkk.2003. Teknik Sampling. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sukidin, dan Mundir. 2005. Metode Penelitian. Insan Cendikia. Surabaya.

Lestari Arum, Destiany. 2009. Identifikasi Citra “Kota Baruâ€Citra Raya Berdasarkan Persepsi Masyarakat (Studi

Kasus: Citra Raya Tangerang). Tugas Akhir Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Program Sarjana Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Ariani, Dwitiya. 2006. Identifikasi Citra Kota Bandung Berdasarkan Persepsi Masyarakat. Tugas Akhir Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Program Sarjana Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Indri P, Cesilia. Kajian Citra Kota Yogyakarta. Tugas Akhir Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Program Sarjana Institut Teknologi Bandung. 2006.

Prayitno, Gunawan. Pengembangan Konsep Citra Pusat Kota Cimahi. Tesis Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung. 2004.

Cimahi Dalam Angka Tahun 2010 Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cimahi Tahun 2003.

Rencana Detail Tata Ruang Kota Cimahi Tahun 2005

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
R. Safariah and R. Putra, “PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG CITRA KOTA CIMAHI SEBAGAI KAWASAN MILITER”, JAMIKA, vol. 2, no. 2, Mar. 2018.