PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE INTERKONEKSI JARINGAN KOPP DI PELABUHAN MERAK MENGGUNAKAN EAP (ENTERPRISE ARCHITURE PLANNING) (STUDI KASUS KOPP PELABUHAN MERAK)

  • Andri Sahata Sitanggang Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Enterprise Architecture Planning

Abstract

Sistem Teknologi Informasi merupakan salah satu solusi guna memecahkan permasalahan yang ada dalam mendukung pelaksanaan tugas dibidang perhubungan perairan. Maka dengan adanya sistem teknologi informasi yang cepat, tepat dan akurat maka memudahan kinerja pelaksanaan tugas pemerintahan baik dari sisi operasional, pengawasan, pengkoordinasian dan pembangunan dapat lebih mudah dan lebih efisien dan efektif. Salah satu teknik untuk menggambarkan sistem teknologi informasi dengan menggunakan EAP. EAP adalah suatu pendekatan logis, yang komperehensif dan holistic untuk merancang dan mengimplementasikan sistem dan komponen sistem yang bersama-sama meliputi suatu infrastruktur manajemen informasi/teknologi informasi.
Dalam penelitian ini digambarkan mengenai pemodelan Arsitektur menggunakan EAP (Enterprise Architure Planning), studi kasus di KOPP Pelabuhan Merak ini ditekankan pada empat langkah yaitu pemodelan arsitektur data, pemodelan arsitektur aplikasi, pemodelan arsitektur teknologi dan pemodelan arsitektur bisnis.

References

Kridanto Surendro, H. Purwanto, Perancangan Model Enterprise Architecture dengan menggunakan Zachman Framework, Prosiding KNSI, 2005, pp. 207-212

Kridanto Surendro. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika.

Kridanto Surendro, Nursikuwagus, Agus. Enterprise Architecture Planning Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Bandung, Prosiding KNSI 2005, 2005, pp. 213-217.

Kridanto Surendro, Paulus, Perencanaan Arsitektur Enterprise (Studi Kasus PTS), Prosiding KNSI, 2005, pp. 183-187.

Kridanto Surendro, EB. Setiawan, Pemodelan Bisnis dalam EAP (Studi Kasus STT Telkom), Prosiding KNSI, 2005, pp. 195-205.

Bjorn Andersen and Per-Gaute Pettersen, 1996, The Benchmarking Handbook–Step by step intructions, Chapman & Hall

UU No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

UU No. 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi.

UU No.11 tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

KM No.31 tahun 2006 Pedoman Proses Perencanaan di Lingkungan Kementrian Perhubungan. PM No. 85 Tahun 2011 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kantor Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
A. Sitanggang, “PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE INTERKONEKSI JARINGAN KOPP DI PELABUHAN MERAK MENGGUNAKAN EAP (ENTERPRISE ARCHITURE PLANNING) (STUDI KASUS KOPP PELABUHAN MERAK)”, JAMIKA, vol. 3, no. 2, Mar. 2018.