PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGELOAAN USULAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT

  • Rizky Muhammad Romdhoni Teknik Informatika ST INTEN
  • Peti Savitri Teknik Informatika ST INTEN
Keywords: keluhan, simple additive weighting, sistem pendukung keputusan, web engineering

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu sistem pendukung keputusan yang berguna untuk membantu pengambilan keputusan dalam pengelolaan keluhan masyarakat yang ada di kelurahan Braga kota Bandung. Pengelolaan keluhan dan aspirasi masyarakat ini memiliki karakteristik dalam penjumlahan berbobot berdasarkan beberapa kriteria yang ditentukan, metode yang dianggap tepat digunakan yaitu Simple Additive Weighting (SAW). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya jumlah pelapor terhadap suatu masalah yang berkategori sama dan tingkat kepentingan terhadap suatu masalah yang dihadapi berdasarkan penilaian masyarakat sebagai pelapor dan pihak dari kelurahan sebagai pengambil keputusan. Pengembangan perangkat lunak dalam penelitian ini menggunakan metodologi Web Engineering sedangkan pada konstruksi sistem diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan sistem pengelolaan basis data yaitu MySQL. Hasil dari penelitian ini, berupa suatu perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat untuk menentukan pengambilan keputusan terhadap banyaknya masalah yang dihadapi di lingkungan masyarakat kelurahan Braga kota Bandung.

References

Booch, G., Rumbauhg, J., & Jacobson, I. (2005). The Unified Modeling Language User Guide. 2nd ed. Boston, USA: Addison Wesley Professional.

Doyle, M. (2010). Beginning PHP 5.3. Indianapolis, USA: Wiley Publishing, Inc.

Hariyanto, B. I. (2004). Sistem Manajemen Basisdata. Bandung: Penerbit Informatika.

Ir. M. Ali Ramdhani, M. (1998). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mallach. (2000). Decision Support and Data Warehous System.

Mendes, E., & Mosley, N. (2006). Web Engineering. New York, USA: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Murdick, R. G. (1987). System Information Management.

Murugesan, S., Deshpande, Y., Hansen, S., & Ginige, A. (1999). Web Engineering: A New Discipline for Development of Web-based Systems. Proceedings of the First International Conference of Software Engineering (ICSE) Workshop on Web Engineering, Los Angeles, USA.

Pilone, D., & Pitman, N. (2005). UML 2.0 in a Nutshell. California, USA: O'Reilly.

Pilone, P. (2005). Unified Modeling Language.

Pressman, R. S., & Lowe, D. (2009). Web Engineering: A Practitioner's Approach. MacGraw-Hill: New York.

Pressman, R. S., Lewis, T., Adida, B., Ullman, E., DeMarco, T., Gilb, T., et al. (1998). Can Internet-Based Applications Be Engineered? IEEE Software, vol. 15, no. 5, 104-110.

Suryadi, D. I. (1998). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryadi, D. I. (1998). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Turban, R. (2005). Indroduction to Information Technology. USA:Prentice-Hall; Inc.

Vaswani, V. (2009). PHP : A Beginner’s Guide. New York, USA: McGraw-Hill.

Published
2018-03-23
How to Cite
[1]
R. Romdhoni and P. Savitri, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGELOAAN USULAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT”, JAMIKA, vol. 6, no. 1, Mar. 2018.