IT/IS STRATEGY DAN E-STRATEGY: KAJIAN DALAM RUANG LINGKUP PERUSAHAAN

  • Rangga Sidik Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
  • Leonardi Paris Hasugian Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
Keywords: IT Strategy, E-Strategy, E-Bussiness

Abstract

Perusahaan sebagai pelaku bisnis berevolusi menjadi perusahaan yang harus selalu melakukan perbaikan di berbagai bidang guna meningkatkan profit. Esensinya untuk mengembangkan perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitornya bahkan berkolaborasi dalam environment business. Dengan mengedepankan hal tersebut, tiap perusahaan dituntut memberi value di dalam proses bisnisnya, salah satunya dengan penerapan Information Technology. Dalam tiap level manajemen, dalam struktur organisasi di tiap bagian, IT menjadi kebutuhan primer akan efisiensi proses bisnis. Keberadaan IT di tengah-tengah bisnis perlu diterapkan dengan melakukan analisis dan perancangan IT. Untuk menerapkan hal tersebut diperlukannya IT Strategy sebagai landasan bisnis akan efektifitas. Secara sederhana komponen IT akan dijabarkan dan dieksekusi di dalam bisnis berdasar pada penentuan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi komputer dan informasi (eBisnis) yang disebut dengan eStrategy. IT Strategy dan eStrategy terkoneksi di dalam lingkup eBisnis. Keduanya saling terkait dan saling mendukung layanan yang terdapat dalam eBisnis. eStrategy mendukung objective goal perusahaan sedangkan IT Strategy mendukung proses bisnis perusahaan.

References

P. L. Drnevich and D. C. Croson, “Information technology and business-level strategy: toward an integrated theoretical perspective,†MIS Q., vol. 37, no. 2, pp. 483–509, 2013.

A. Cassidy, A Practical Guide to Planning for E-Business Success: How to E-enable Your Enterprise. St. Lucie Press, 2001.

F. Betz, Executive strategy: Strategic management and information technology. Wiley, 2001.

S. Jofre, Strategic Management The Theory and Practice of Strategy in (Business) Organizations. Lyngby: Technical University of Denmark, 2011.

S. Tzu, The Art of War. 1993.

M. Porter, “Michael Porter on Strategy,†Leadersh. Excell., vol. 22, p. 14, 2005.

M. Carpenter, T. Bauer, and E. Berrin, “Management Principles v. 1.0,†p. 28, 2012.

G. Stonehouse and B. Snowdon, “Competitive advantage revisited: Michael Porter on strategy and competitiveness,†J. Manag. Inq., vol. 16, no. 3, pp. 256–273, 2007.

D. Chaffey, E-Business and E-Commerce Management -Strategy, Implementation and Practice. 2009.

S. Clarke, Information System Strategic Management an integrated approach. London: Routledge, 2001.

C. Combe, Introduction to E-business: Management and Strategy , vol. 67, no. 11. 2006.

D. Maditinos, D. Chatzoudes, and L. Sarigiannidis, “Factors affecting e-business successful implementation,†Int. J. Commer. Manag., vol. 24, no. 4, pp. 300–320, 2014.

M. Robert and B. Racine, e_strategy pure & Simple: Connecting your internet strategy to your business strategy. McGraw-Hill, 2001.

Published
2016-10-01
How to Cite
[1]
R. Sidik and L. Hasugian, “IT/IS STRATEGY DAN E-STRATEGY: KAJIAN DALAM RUANG LINGKUP PERUSAHAAN”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, Oct. 2016.