PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN KERUSAKAN JALAN BERBASIS GEOGRAFIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

  • Rauf Fauzan Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
  • Arie Triadi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Sistem Informasi, Geografis, Pengaduan, Kerusakan, Jalan, Balai Pengelolaan, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat

Abstract

Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan III merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang dimiliki oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan III mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang teknis operasional pelayanan pengelolaan jalan mulai dari perbaikan, pengawasan hingga pemeliharaan jalan secara berkala dan berkesinambungan. Pelaksanaan kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan sumber daya manusia, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Solusi yang paling tepat yaitu dengan meminta partisipasi dari masyarakat. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk membangun sebuah sistem informasi geografis yang memberikan pelayanan mengenai aduan kerusakan jalan dari masyarakat kepada Balai Pengelolaan Jalan.
Pada penelitian ini, metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berorientasi objek, sedangkan untuk metode pengembangan sistemnya menggunakan model Prototype. Untuk metode dan desain penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi literatur. Alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan untuk menggambarkan model sistem yaitu menggunakan model UML (Unified Modelling Language).
Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan suatu rancangan sistem informasi geografis pengaduan kerusakan jalan bagi Balai Pengelolaan Jalan yang dapat membantu dalam mendata laporan aduan yang masuk dan juga membantu masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memelihara jalan di daerahnya masing-masing. Perancangan sistem informasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan aplokasi dan kualitas dari pelayanan publik di bidang kebinamargaan di Indonesia khususnya di kota Bandung.

References

Sholiq, "Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML", Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

Yakub, "Pengantar Sistem Informasi", Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012.

Indarto, "Sistem Informasi Geografis" , Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013.

Riyanto, "Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile", Yogyakarta : Gava

Media, 2010.

Safaat H. Nazruddin, "Android Pemrograman aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android" , 2nd ed, Bandung : Informatika, 2015.

Setiawan. Foni Agus, "Pemrograman Internet", Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012.

Sukerta. K Agus, "Sistem Aplikasi Location Based Service untuk Pengembangan Kota Cerdas" Teknik Elektro, Universitas Udayana, Bali, 2015

Anonim, (17 Mei 2016), "Pengenalan Javascript" [online], Available : https://developer.mozilla.org/id/docs/Web/JavaScript

Published
2016-10-01
How to Cite
[1]
R. Fauzan and A. Triadi, “PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN KERUSAKAN JALAN BERBASIS GEOGRAFIC INFORMATION SYSTEM (GIS)”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, Oct. 2016.