PEMETAAN MODEL INTEGRASI SISTEM INFORMASI PADA SMART MANUFACTURING DI PT. X

  • Rangga Sidik
Keywords: use case model, sistem informasi, smart manufacturing

Abstract

Smart manufacturing, sebuah tren sistem yang mencakup penggunaan teknologi, informasi, manufaktur, robot automation, manajemen, dan pemodelan pada aktifitas manufaktur. Untuk mencapai tujuan perusahaan, PT. X menerapkan smart manufacturing dalam setiap aktifitasnya. Dukungan teknologi informasi pada smart manufacturing membuat PT. X mampu untuk menciptakan kinerja produksi yang efektif dari hulu sampai dengan hilir. Memetakan model integrasi sistem informasi pada smart manufacturing di PT. X dilakukan dengan menggunakan alat analisis value chain. Analisis value chain digunakan untuk menganalisa aktifitas utama dan aktifitas pendukung dari smart manufacturing yang saat ini berjalan. Hasil dari value chain akan menentukan kebutuhan sistem informasi yang diterapkan di PT. X. Hasil dari penelitian ini adalah pemetaan model integrasi sistem informasi dari smart manufacturing yang di terapkan oleh PT. X. Pembuatan model menggunakan use case model yang mampu menggambarkan interaksi dari setiap aktor yang terlibat, dan sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem informasi. Model tersebut diciptakan berdasarkan value chain yang terbentuk dari hasil analisis di phase sebelumnya.

References

M. Bryner, “Smart manufacturing: The next revolution,†Chem. Eng. Prog., vol. 108, no. 10, pp. 4–12, 2012.

B. Bunse, “Industrie 4.0-Smart Manufacturing for the Future,†GTIA-Germany Trade and Invest. p. 40, 2013.

Z. Bi, L. Da Xu, and C. Wang, “Internet of things for enterprise systems of modern manufacturing,†IEEE Trans. Ind. Informatics , vol. 10, no. 2, pp. 1537–1546, 2014.

X. Xu, “From cloud computing to cloud manufacturing,†Robot. Comput. Integr. Manuf., vol. 28, no. 1, pp. 75–86, 2012.

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online -definisi kata,†Potensi. 2014.

M. Rouse, “Computer Numerical Control (CNC),†2016. [Online].

Available: http://searcherp.techtarget.com/definition/computer-numerical-control-CNC.

K. P. Harmoko, “PEMODELAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMART MANUFACTURING SYSTEM, STUDI KASUS : WOOJIN GIOP SUNGWOO HI-TECH YANGSAN, KOREA SELATAN,†Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2014.

Sujeet Chand; Jim Davis, “What is SMART Manufacturing?,â€Time Mag., vol. 22, pp. 101–107, 2010.

J. k Shim, Information system and technology for the noninformation system executive. London: St. Lucie Press, 2000.

S. R. Pupu, “Penelitian Kualitatif,â€Journal Equilibrium, vol. 5. pp. 1–8, 2009.

J. Davis, T. Edgar, J. Porter, J. Bernaden, and M. Sarli, “Smart manufacturing, manufacturing intelligence and demand-dynamic performance,†Comput. Chem. Eng., vol. 47, pp. 145–156, 2012.

Published
2017-10-31
How to Cite
[1]
R. Sidik, “PEMETAAN MODEL INTEGRASI SISTEM INFORMASI PADA SMART MANUFACTURING DI PT. X”, JAMIKA, vol. 7, no. 2, Oct. 2017.