PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN (Studi Kasus : Rumah Makan Uni Kapau Jaya)

Julian Chandra, Bita Rakhmiati

Abstract


Rumah Makan Uni Kapau Jaya, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kuliner. Yang berlokasi di jalan Dipatiukur No 80A Bandung. Kegiatan utama yang dilakukan Rumah Makan Uni Kapau Jaya adalah usaha penjualan makanan masakan Padang (Sumatera Barat). Pada kegiatan penjualan di Rumah Makan Uni Kapau Jaya ini, penulis melihat masih terdapat kekurangan, seperti proses penjualan yang memperlambat waktu pekerjaan karena transaksi penjualan dicatat menggunakan nota (bon).
Selain itu perhitungan masih menggunakan kalkulator standar dan juga penyusunan laporan pendapatan masih menggunakan buku kas. Laporan pendapatan hanya dihitung berdasarkan total penjualan dikurangi dengan total pengeluaran, sehingga pimpinan hanya mengetahui jumlah uang yang ada tetapi tidak dapat menghitung stock barang yang tersedia atau tersisa.Penulis menggunakan metode penelitian terstruktur, sebagai metode untuk mencari pemecahan permasalahan di Rumah Makan Uni Kapau Jaya. Sehingga mendapatkan solusi dan pemecahan masalahnya dengan didasari dari data-data yang telah ada.
Solusi dari permasalahan yang ada di Rumah Makan Uni Kapau Jaya sebaiknya diarancang aplikasi penjualan yang terkomputerisasi agar tidak memperlambat waktu pekerjaan, serta dapat mengetahui data penjualan barang apa saja yang terjual yang memudahkan pembuatan laporan untuk meminimalisir kesalahan serta untuk mengetahui rincian dari laporan pendapatan dan pembelian bahan baku.
Kata kunci : Sistem informasi, penjualan, pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.