PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA TEMU HILANG KENDARAAN DI POLRESTABES BANDUNG

  • Dani Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama
  • Rima Rahmayanti Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis & Manajemen, Universitas Widyatama
Keywords: kendaraan, hilang, temu, polisi

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah lembaga pemerintah yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta pelayanan kepada masyarakat. Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat diharapkan untuk meningkatkan kegiatan pelayanan polisi kepada masyarakat. Salah satu jenis layanan yang diharapkan akan dibantu oleh kemajuan teknologi informasi adalah mencari keluhan atau informasi tentang kendaraan yang hilang. Karena laporan dari kendaraan yang hilang Seringkali subjek pengaduan masyarakat selama periode Beberapa tahun, tetapi dari penulis diperoleh data menunjukkan bahwa ada kesenjangan antara jumlah kendaraan yang hilang dengan sejumlah kendaraan telah ditemukan. Dan sejauh ini, masyarakat juga kurang mendapatkan informasi tentang kendaraan yang hilang dari data yang telah ditemukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat website portal yang bisa menjadi solusi untuk masalah pelaporan kendaraan hilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang lebih terfokus pada pemecahan masalah yang reflektif dan kolaboratif. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping. alat pemodelan sistem informasi yang digunakan adalah diagram konteks, data flow diagram, dan diagram hubungan entitas. Dari hasil penelitian menunjukkan Beberapa fakta seperti penyebab kurangnya kendaraan hilang diselesaikan dan menciptakan sistem pencarian informasi kendaraan yang hilang untuk membantu polisi untuk menyebarkan informasi mengenai status kendaraan yang hilang.

References

Jogiyanto HM , "Analisis dan Desain Sistem Informasi", 2005.

Kristanto, Andri, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media. Yogyakarta, 2008.

McLeod Jr., R. & Schell, G.P. ,“Sistem Informasi Manajemenâ€, 2007 edisi ke-10 terjemahan Ali A.Y. & Afia R.F. (2008). Jakarta : Salemba Empat.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Satlantas & Satreskrim Polrestabes Bandung, 2016.

Published
2018-10-31
How to Cite
[1]
D. Hamdani and R. Rahmayanti, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA TEMU HILANG KENDARAAN DI POLRESTABES BANDUNG”, JAMIKA, vol. 8, no. 2, Oct. 2018.