ANALISIS PRODUKTIVITAS OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DITINJAU DARI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DILANTAI PRODUKSI DI CV. GRAND MANUFACTURING INDONESIA

Ferdian Ary Pratama, Henny Henny

Abstract


Produktivitas perusahaan merupakan hal yang paling utama. Dengan mengukur produktivitas maka kita akan mengetahui seberapa besar kinerja perusahaan. Untung rugi perusahaan dapat dilihat dari hal ini. CV Grand Manufacturing adalah salah satu perusahaan yang memperhatikan tingkat produktivitas perusahaannya terutama dari segi keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan memperhatikan hal ini maka kita akan mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian yang didapat oleh perusahaan juga seberapa besar kesejahteraan karyawan di perusahaannya.

 

Pengukuran produktivitas memiliki banyak metode yang dapat digunakan. Pada penelitian metode yang digunakan oleh pengukuran produktivitas OMAX. Beberapa factor dapat terlihat kenaikan dan penurunaannya. Dan bahkan dapat dilihat dari masing-masing komponen yang mempengaruhi produktivitas tersebut.

 

Produktivitas OMAX mengukur berdasarkan factor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tersebut. Diantaranya factor manusia dan pekerjaannya merupakan factor yang sangat penting dalam mengukur produktivitas keselamatan dan kesehatan kerja. Dari perhitungan ini didapat indeks produktivitas perusahaan ditinjau dari keselamatan dan kesehatan kerja mengalami kenaikan.

 

Adanya kecelakaan kerja dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian akibat kecelakaan kerja yang terjadi, mesin berhenti akibat kecelakaan dan waktu yang hilang akibat kecelakaan tersebut.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.