Abstract

Berdasarkan survey SUSENAS (Survey Sosial Ekonomi Nasional) pada tahun 2016, menunjukkan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi pulsa melebihi konsumsi daging dan buah yaitu Rp 22.182/kapita/bulan. Pulsa yang dimaksudkan adalah paket internet, karena pada saat ini internet menjadi kebutuhan utama untuk semua orang. Bagi mahasiswa, internet menjadi sarana komunikasi dan informasi. Internet dapat memfasilitasi kebutuhan kuliah yang dapat diakses di kampus maupun dari gadget pribadi.


Penelitian ini akan mengkaji bagaimana kategori spending habits mahasiswa, tentang kebiasaan membelanjakan uangnya untuk paket data internet, serta pengaruh penggunaan internet terhadap nilai akademik Seharusnya, dengan menggunakan fasilitas internet tugas, buku ataupun materi perkuliahan akan mudah didapatkan, dampak positifnya nilai akademik mereka akan lebih baik. Responden yang dijadikan sampel berjumlah 58 mahasiswa aktif jurusan Teknik Industri UNIKOM angkatan 2013 -2017.


Analisis korelasi product moment digunakan untuk melihat korelasi antara variabel independen yaitu spending habits (X1) dan penggunaan internet (X2), dengan variabel dependennya nilai akademik (Y). Selain itu dilakukan uji hipotesis untuk pengambilan keputusan ada atau tidaknya hubungan signifikansi spending habits, penggunaan internet dengan nilai akademik mahasiswa.